EVALUASI KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA “PROGRAM STUDI BANDING KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH”

HUSNA NUR AHLINA, . (2017) EVALUASI KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA “PROGRAM STUDI BANDING KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HUSNA NUR AHLINA_FIP_TP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja kepala sekolah setelah mengikuti on the job learning pada Program Studi Banding Kepemimpinan Kepala Sekolah yang meliputi tiga komponen penilaian kinerja, yaitu: (1) komponen kepribadian dan sosial; (2) komponen pengembangan sekolah; dan (3) komponen supervisi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan model evaluasi kinerja metode peringkat (rangking method). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 10 responden yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah mitra, dan 5 orang guru sekolah imbas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah imbas berdasarkan 3 komponen penilaian kinerja sudah sangat baik dalam mengelola 3 komponen tersebut, tetapi masih ada yang harus ditingkatkan lagi diantaranya adalah kepala sekolah imbas mampu mendeskripsikan tugas setiap komponen yang terdapat dalam struktur organisasi sekolah dan mampu menyesuaikan karakteristik/kemampuan individu tersebut dengan deskripsi tugas dalam menyusun struktur organisasi sekolah. Dan mengelola supervisi pembelajaran mulai dari menyusun program, melaksanakan, sampai menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi pembelajaran sehingga dapat terlaksana dengan baik demi meningkatkan profesionalisme guru. Performance evaluation research aims to know the extent to which the performance of the principal after following on the job learning on courses appeal the headmaster leadership includes three performance assessment components, namely: (1) personality and social components; (2) school development components; and (3) learning supervision components. The methods used in this research is a survey method with the model of the performance evaluation ranking method. In this study, researchers used 10 respondents consisting of 5 persons the headmaster partners, and 5 teachers school. The instruments used in the study was observational, guidelines and interview. The results of this research show that the performance of the principal swept up based on 3 components of performance appraisal has been good at managing the 3 components, but still there are to be upgraded are headmaster again swept up were able to describe the task of each component contained in the organizational structure of the school and being able to adjust the characteristics of the individual with the ability/description task in drawing up the organizational structure of the school. Supervision and manage learning ranging from compiled programs, carry out, to assess and follow up the activities of the supervision of learning so that it can be implemented properly in order to improve the professionalism of teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprayekti, M.Pd. 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:48
Last Modified: 09 Apr 2022 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26146

Actions (login required)

View Item View Item