ILHAM AHMAD NURSOMA, . (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL LEBAK BULUS JAKARTA (Penelitian Deskriptif di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI ILHAM AHMAD NURSOMA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran membaca permulaan Braille bagi peserta didik tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional. Sampel dalam Penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta sebanyak 4 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan concussion drawing / verification. Strategi pembelajaran membaca permulaan Braille dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan pembelajaran membaca permulaan Braille dilakukan oleh guru kelas secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan Braille peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan drilling. Materi yang diajarkan mengenal huruf Braille dan membacanya dalam meraba, bentuk huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Dalam pelaksanaannya pembelajaran disampaikan secara individual. Evaluasi dilakukan dalam bentuk penilaian tes dan non tes. A descriptive qualitative Study aims to unearth information about reading the beginning of learning strategies Braille for blind learners in SLB with national level Builder. The sample in the This research is the school principal and teachers class at A national level Builder SLB Lebak Bulus, Jakarta four people. Method used in this research is descriptive qualitative approach method. Data collection is carried out by means of observation, interviews, and documentation and analyzed the data used is a data reduction, data display, and concussion drawing/verification. The strategy of learning to read Braille beginning done starting from the planning, implementation and evaluation. Research results showed the activities of learning reading beginning Braille done by classroom teacher is able to significantly improve the ability to read the beginning of Braille learners. The method used is the learning method of lecture and drilling. The material being taught to know Braille and read it in fingering, form letters, syllables, words and simple sentences. In practice the learning delivered individually. The evaluation was conducted in the form of an assessment test and non-test.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indra Jaya, M.Pd. 2). Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 04:25 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 04:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26153 |
Actions (login required)
View Item |