PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT) PADA SISWA KELAS III SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT

INA PRATAMI ANWAR, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING (SAMT) PADA SISWA KELAS III SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah Strategi Keterampilan Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas III di SDN Kedaung Kali Angke 06 Cengkareng, Jakarta Barat dapat diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan menulis paragraf sederhana. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedaung Kali Angke 06, Jakarta Barat sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa dan 21 orang siswi. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah model kemmis dan Taggart yang dimodifikasi oleh Dr. Nusa Putra. Adapun tahapan PTK berdasarkan model tersebut adalah tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf sederhana. Siklus I sebanyak 19 siswa mendapat nilai ≥72 dengan ketuntasan belajar 52%. Pada siklus II sejumlah 24 siswa memperoleh nilai ≥72 dengan ketuntasan belajar sebanyak 66%. Pada siklus III sejumlah 36 siswa atau keseluruhan jumlah siswa mendapat nilai ≥72. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 68% sementara aktivitas siswa mencapai 63%. Pada siklus II terjadi peningkatan baik dari aktivitas guru dan siswa mencapai 84%. Pada siklus III terjadi peningkatan kembali dari aktivitas guru mencapai 95% sementara aktivitas siswa mencapai 97%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf sederhana dapat meningkat melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT). The purpose of this Classroom action Research (CAR) was to analyze the increasing of simple paragraph skill writing in 3 grade of SDN Kedaung kali angke 06 west jakarta through a strategy of guided writing activity.The subject of this research were students of 3 grade around 36 students, which contain of 15 boys and 21 girls. The data collecting technique of this research is from test, observation, field note and documentation. Whereas the technique of data analysis are descriptive qualitative and quantitative. The Kemmis and Taggart model that was modified by Dr. Nusa Putra is used as an action model. Based on that model, the steps along doing the CAR are planning, acting, observing, and reflecting. The result of this research has shown that the guided writing activity could increasing of simple paragraph skill writting in first cycle, 19 students got score more than ≥72 through the exhaustiveness learning by 52% Otherwise, in second cycle 24 students got score more than ≥72 through the exhaustiveness learning attained 66%. In third cycle 36 students got score more than ≥72 through the exhaustiveness learning attained 100%. Teacher activity during learning process in first cycle achieved 68% and students ativity gained 63%. In second cycle, the activity both teacher and students increased to 84%. In third cycle teacher activity during learning process achieved 95% and students ativity gained 97%. Therefore we can conclude that the simple paragraph skill writing could increase through a strategy of guided writing activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 05:00
Last Modified: 09 Apr 2022 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26159

Actions (login required)

View Item View Item