INAS YULIANTI, . (2017) PENGEMBANGAN CLIPBOARD (PAPAN TEMPEL) UNTUK PENGAYAAN PADA PEMBELAJARAN IQRA DI TK RAUDHATUL ATHFAL NURUL HIKMAH KELAS B. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Pengembangan Clipboard (papan tempel) Untuk Pengayaan Pada Pembelajaran Iqra di TK R.A Nurul Hikmah Kelas B.pdf Download (3MB) |
|
Text
Abstrak Clipboard.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk, berupa media sederhana untuk pembelajaran dalam bentuk dua dimensi. Nama produk dari pengembangan ini adalah “clipboard (papan tempel) untuk pengayaan pada pembelajaran iqra”. Media ini ditujukan untuk siswa TK Raudhatul Athfal Nurul Hikmah kelas B. Media “clipboard (papan tempel) untuk pengayaan pada pembelajaran iqra”, digunakan untuk mendukung proses pengayaan pada pembelajaran iqra guna meningkatkan pemahaman materi huruf hijaiyah untuk siswa TK kelas B. Secara khusus tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan Baker and Schutz yang terdiri dari tujuh tahapan, untuk mengembangkan media pembelajaran “clipboard (papan tempel)”. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif, yang terdiri dari expert review (ahli materi dan ahli media), one to one, small group. Evaluasi tersebut melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli desain pembelajaran, 9 pengguna. Hasil dari masing-masing tahap, sebagai berikut: ahli materi 3,83 dan ahli media 3,42. Tahap one to one dan small group dilakukan penilaian unjuk kerja, 5 dari 9 siswa mendapatkan skor 100. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan media pembelajaran, serta ujicoba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran “clipboard (papan tempel) untuk pengayaan pada pembelajaran iqra”, memililki kualitas yang baik dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mandiri, kelompok, klasikal bagi siswa TK Raudhatul Athfal Nurul Hikmah kelas B. This developmental research is aimed to result a product, the form of simple media for learning in the form of two dimensions. The name of its product is “clipboard (papan tempel) for Enrichment on Learning in kindergarten Iqra Class B”. The media is intended for students kindergarten Raudhatul Athfal Nurul Hikmah class B. Media “clipboard (papan tempel), used to support the process of enrichment on learning to enhance understanding of the iqra material letters Hijaiyah for kindergarten students class B. Specifically this is development aim to describe the stages of the development of the Baker and Schutz which consists of seven stages, to develop the learning media “clipboard (papan tempel)”. Evaluation on research development of formative evaluation approach uses, consisting of expert review (expert material and media expert), one to one, small group. The evaluation involves 1 expert material, 1 expert, 1 media expert instructional design, 18 users. The results of each phase, as follows: 3.83 material experts and media expert 3.42. Phase one to one and small group made performance assessment, 5 0f 9 students get a score of 100. Based on the process and procedures in developing instructional media, and the trial has been done can be expressed that the media learning “clipboard (papan tempel) for Enrichment on Learning in kindergarten Iqra Class B”, It has good quality and can be used as a standalone learning media, groups, classical for the kindergarten students Raudhatul Athfal Nurul Hikmah class B.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Khaerudin M.Pd. 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 05:10 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 05:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26160 |
Actions (login required)
View Item |