PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN

ISTI GOLDA ANGKASAWATI, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
3 LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI .pdf

Download (192kB)
[img] Text
7 LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
9 BAB II .pdf

Download (411kB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (111kB)
[img] Text
11 BAB IV .pdf

Download (262kB)
[img] Text
14 DAFTAR TABEL.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
16 DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa SD kelas IV di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, pokok bahasan mengenai gaya, semester II tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SDN Srengseng Sawah 12 Pagi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak dengan cara pengundian. Sehingga terpilihlah SDN Srengseng Sawah dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan ukuran sampel sebanyak 58 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) dapat memberi pengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA tentang gaya. Model pembelajaran predict, observe, explain (POE) merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada program pembelajaran IPA. The purpose of this research is to know empirical data about the existence of influence of the use of predict learning model, observe, explain (POE) to science learning outcomes of fourth grade students in Srengseng Sawah Urban Village, South Jakarta, the subject of style, second semester of academic year 2016 / 2017. The research was conducted at SDN Srengseng Sawah 12 Pagi. The samples were chosen by using Simple Random Sampling technique which is sample selection by selecting one or several groups randomly by drawing. So selected SDN Srengseng Sawah with class IVA as experimental class and class IVB as control class with sample size as much 58 peoples. Data collection is done by using test instrument that tested normality with Liliefors test and homogeneity with Fisher test as test of data requirement. Furthermore, hypothesis analysis using t-test. The results showed that students who learn to use predict learning model, observe, explain (POE) can give influence to learning outcomes on science learning about style. Predictive learning model, observe, explain (POE) is one alternative that can be used in the learning process in science learning program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd. 2). Dra. Syarifah Hanum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 08:30
Last Modified: 09 Apr 2022 08:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item