PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK JALANAN DI KOMUNITAS BELAJAR SEJAHTERAKAN INDONESIA (KBSI) TANAH TINGGI

KINA BIDA TIRANA, . (2017) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK JALANAN DI KOMUNITAS BELAJAR SEJAHTERAKAN INDONESIA (KBSI) TANAH TINGGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kina Bida Tirana_PLS 1515133714.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media papan flanel pada anak jalanan di Komunitas Belajar Sejahterkan Indonesia (KBSI) Tanah Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Model penelitian tindakan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart dengan subjek penelitian sebanyak 11 peserta didik anak jalanan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan observasi/pengamatan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila 70% dari jumlah total peserta didik mendapat nilai >70 dan hasil pengamatan sebesar 75% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I, peserta didik yang memperoleh nilai >70 sebesar 18%. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan, peserta didik yang memperoleh nilai >70 mencapai 54%. Dan pada siklus III, peserta didik yang memperoleh nilai >70 mencapai 73% . Adapun untuk lembar pengamatan tindakan pembelajaran pada siklus I mencapai 65,00%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 70,00%. Dan pada siklus III mencapai 80,00% . Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan flannel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak jalanan di Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI) Tanah Tinggi. This study aims to improve the ability of basic reading by using flannel board as a media on a street children learners in the Indonesian Prosperity Learning Community (KBSI) Tanah Tinggi. The type of this research is action research conducted with three cycles. The action research model uses the Kemmis and Mc Taggarrmodel with the research subject is 11 street children learners learners. Data collection techniques use oral tests and observation. Data analysis technique using quantitative descriptive analysis. Success indicators of this research if 70% of total number of learners got score > 70 and observation result is equal to 75%. Results shown in the first cycle, learners who get scored > 70 is 18%. In the second cycle shows increase, learners who get scored > 70 increased to 54%. And in the third cycle, learners who scored> 70 reached 73%. And for the observation sheet of learning activity in first cycle reached 65.00%. Then on the second cycle increased to 70.00%. And in the third cycle reached 80.00%. From the data obtained, show that using flannel board media can improve the reading ability of waif in Indonesian Prosperity Learning Community (KBSI) Tanah Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M. Si. 2). Dr. Durrotul Yatimah M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:45
Last Modified: 11 Apr 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26254

Actions (login required)

View Item View Item