KUMARANUR PUTRI NARISWARI, . (2015) METODE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kualitatif Di Bimbingan Belajar Bimba AIUEO Cabang Kalideres, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2.KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
||
Text
3.DAFTAR ISI 2.pdf Download (159kB) |
||
Text
1.ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
||
Text
9.BAB IV.pdf Download (647kB) |
||
Text
10.BAB V.pdf Download (106kB) |
||
Text
6.BAB I.pdf Download (273kB) |
||
Text
8.BAB III.pdf Download (271kB) |
||
Text
7.BAB II.pdf Download (511kB) |
||
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
||
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
||
Text
16.DAFTAR RIWAYAT HIDUP (ganti foto dulu).pdf Download (25kB) |
||
Text
pernyataan keaslian .pdf Download (143kB) |
||
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN SIDANG.pdf Download (8kB) |
||
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf Download (113kB) |
||
|
Image
IMG_20161220_095237.jpg Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode dalam pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung untuk anak usia 5- 6 tahun yang diterapkan oleh Bimba AIUEO, yang dilaksanakan pada bulan Juni 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilaksanakan pada anak usia 5- 6 tahun di Bimba AIUEO Kalideres. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode dalam pembelajaran membaca menggunakan cerita, pemberian tugas dalam bentuk modul. Hal ini diberikan secara bertahap. 2) Metode dalam pembelajaran menulis diberikan dengan cara tanya jawab, dikt e serta pemberian tugas dalam bentuk modul. Hal ini diberikan secara bertahap. 3) Metode dalam pembelajaran berhitung menggunakan jaritmatika, bercerita serta pemberian tugas dalam bentuk modul. Hal ini diberikan secara bertahap. 4) Metode yang diberikan memiliki kesesuaian dengan perkembangan anak dalam bentuk pemberian reward dan menggunakan metode demonstrasi. 5) Respon anak yang muncul dalam bentuk respon positif dan negatif. The aims of this research is to describe the learning method of reading, writing and calculating for children age 5-6, which is apply in Bimba AIUEO. This research held on June 2014. The method of this research is using qualitative descriptive toward children 5- 6 years old in Bimba AIUEO Kalideres. Procedure of collecting data by observation, interview, and documentation. The data analysis of this research by reducing, displaying, and verifying data. While the examination using triangles data. The result of this research found that 1) Learning method of reading is using story, and giving assignment in module. Those methods are given by process. 2) Learning method of writing is given by asking question, dictation and assignment in module. Those methods are given by process. 3) Learning method of calculating is using jaritmatika, story and assignment in module. Those methods are given by process. 4) Those methods appropriate with the children’s development by given reward and demonstration. 5) The respond of children appears both in positive and negative respond.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Wulan, M. Si. 2). Dr. Nurjannah, SP. M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:58 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26261 |
Actions (login required)
View Item |