PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA TUNGGAL

LIRA ATHLETA MIRANDA, . (2016) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA TUNGGAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_LIRA ATHLETA MIRANDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konsep diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal pada remaja dengan orangtua tunggal. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi interpersonal dan variabel independen dalam penelitian ini adalah konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Skala konsep diri di adaptasi dari skala Tennasse Self Concept Scale (TSCS) dari William H. Fitts (1965), sedangkan skala keterampilan komunikasi interpersonal di adaptasi dari disertasi milik Evi Zuhara (disertasi) Universitas Pendidikan Indonesia yang mengacu pada teori dari De Vito. Pengolahan data uji coba menggunakan Pemodelan Rasch dengan bantuan software winsteps versi 3.73 dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS versi 16. Sampel penelitian ini adalah 55 responden yaitu siswa dari SMKN 13 Jakarta, SMP Strada Pelita Pejompongan dan SMP Strada Mardi Utama 1 Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal pada remaja dengan orangtua tunggal sebanyak 26,4%. This study aims to determine whether there is influence self concept on interpersonal communication skills in adolescents with single parents. The dependent variable in this study is the interpersonal communication skills and independent variables in this study is self-concept. This study uses quantitative methods, data are obtained using a questionnaire. Self-concept scale in the adaptation of the scale Tennasse Self Concept Scale (TSCS) of William H. Fitts (1965), while the scale of interpersonal communication skills in an adaptation of the dissertation belongs Evi Zuhara (dissertation) Universitas Pendidikan Indonesia which refers to the theories of De Vito. Data processing trials using Rasch modeling with the help of winsteps software version 3.73 and hypothesis testing using the regression analysis using SPSS version 16. The sample was 55 respondents are students of SMKN 13 Jakarta, Strada Pelita Pejompongan Senior High School and Strada Mardi Utama 1 Jakarta Senior High School. The results of this study indicate that there are significant between self-concept and interpersonal communication in adolescents with single parents in amount 26.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. 2). Drs. Herwanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:01
Last Modified: 11 Apr 2022 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item View Item