MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TEROWONGAN KATA (Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Durrotul Hikmah Tangerang)

LOVANI RAISA TOMI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TEROWONGAN KATA (Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Durrotul Hikmah Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lovani Raisa Tomi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan terowongan kata. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Durrotul Hikmah, Tangerang. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas B2 yang berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan permainan terowongan kata menunjukkan pemerolehan data pada pra siklus adalah 47% dan siklus I adalah 74%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan terowongan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B2 TK Islam Durrotul Hikmah, Tangerang. Hasil data analisis kualitatif membuktikan bahwa permainan terowongan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca. Proses mengenal bacaan anak dalam melafalkan huruf, mengenal suku kata, menyebutkan kata, memberi makna, dan menggabungkan bahasa lisan dengan gambar. Peningkatan tersebut dikatakan signifikan. Permainan terowongan kata dapat membuat anak, mengajak anak untuk mengenal huruf dan kata melalui permainan yang menyenangkan bagi anak. This study aims to improve the reading skills of children through word tunnel game. This study take place at TK Islam Durrotul Hikmah Tangerang. With research subject is B2 class consist of 22 students. The method tahat used in this research is a classroom action research method using Kemmis and Taggart models. Data collection is done by observation, documentation, and interview. The result of the study with word tunnel game activity indicates that acquisition of the data in the pra-cycles was 47% and first cycles 74%. The result showed that the activities of word tunnel game can improve the reading skills of students in B2 group at TK Islam Durrotul Hikmah, Tangerang. The results of the qualitative data analysis proves that the word tunnel game activities can improve children reading skills. Process to know of reading in pronouncing the letter, recognize syllables, reading the word, give a meaning and combining the spoken language with image. The increase can be said significant. Word tunnel game activities can make children, taking children to recognize letters and words through a fun game for children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi. 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:23
Last Modified: 11 Apr 2022 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26309

Actions (login required)

View Item View Item