PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS I SEKOLAH DASAR ( Penelitian dan Pengembangan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur )

MARTINA TABITA PONGALLO, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS I SEKOLAH DASAR ( Penelitian dan Pengembangan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Martina Tabita Pongallo 1815130315 PGSD FIP UNJ.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran kooperatif di kelas I SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Pengguna dalam produk ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg dan Gall dengan sembilan tahapan,yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji pelaksanaan lapangan dan revisi produk akhir. Hasil Rekapitulasi Data yang didapatkan dari ahli materi, ahli bahasa , ahli media, dan ahli pemeriksa yaitu guru kelas I SD sebesar 90,4% yang berarti sangat baik. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa data rekapitulasi uji coba lapangan sebesar 90%, dan hasil rekapitulasi uji coba pelaksanaan lapangan sebesar 96%. Berdasarkan data, maka diperlukannya Lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran kooperatif yang membuat siswa menjadi saling membantu dan bertanggung jawab dalam belajar baik individu maupun kelompok. The purpose of Research and Development to develop a product of student activities sheet based cooperative learning model in grade I of Primary School. The research do at the Cijantung 03 Pagi East of Jakarta Public Primary School. The user of this product is students of grade I of Primary School. The Research and Development model to use is Borg and Gall with nine stages i.e. research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, and final product revision. The data recapitulation results which are gained from the subject expert, language expert, media expert,and the grade I of Primary School teachers checker expert is 90,4% that means very good. Futhermore, the result of research exhibit that datas of recapitulation for main field testing is 90% and for operational field testing is 96%. Based of datas, that needed student activities sheet based cooperative learning model to make students be helping each others and responsiblity for individual or group study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd. 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:06
Last Modified: 11 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item View Item