PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

NUR FAJRYYANI, . (2017) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415126635 - Nur Fajryyani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tercapainya hasil belajar siswa. Sumber belajar memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar siswa. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu) Daarul Fikri Bekasi pada bulan Mei-Juni 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A (model Discovery Learning dengan memanfaatkan lingkungan sekolah), VII B (model Discovery Learning di dalam kelas dengan memanfaatkan sajian gambar) yang dipilih secara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal post-test dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelompok kelas berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem. The success of a learning process can be seen from the achievement of student learning outcomes. Learning resources plays an important role in student achievement. Use and implementation of the school environment as a learning resource is expected to improve student learning outcomes. This study aims to determine the effect of the use of the school environment as a learning resource to the learning outcomes of students in the material ecosystem biology. The research was conducted in Integrated Islamic of Junior High School Daarul Fikri Bekasi on May-June 2016. The kind of this research is a quantitative research with quasi experiment methods. The subject of this research is students in Class VII A (Discovery Learning models by utilizing the school environment) and VII B (Discovery Learning models in the classroom by utilizing grain pictures) who collected by Simple Random Sampling. The instrument which used are multiple choice post-test and carried out-learning observations sheet. The prerequisite analysis test shows that data normally distributed and class groups derived from a homogenous population. The hypothesis test uses t-test on 0,05 significant level shows that there is an influence of the use school environment as a learning resource to the learning outcomes of students in the material ecosystem biology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed 2) Ade Suryanda, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:25
Last Modified: 13 Apr 2022 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item