NURUL FEBI SAFITRI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM KELAS XI DI SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_NURUL FEBI S_PEND KIMIA_3315130948.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam kelas XI di SMAN 54 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 54 Jakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sehingga, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa yang sama banyak yaitu 36 siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal posttest pilihan ganda berjumlah 30 soal. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu uji-t. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas eksperimen sebesar 81,82 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 8,65; ttabel = 1,66 sehingga thitung > ttabel). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam dikarenakan dikarenakan siswa aktif selama pembelajaran dan adanya asisten guru di dalam kelompok membuat siswa yang segan bertanya kepada guru diberikan wadah untuk bertanya kepada asisten guru terlebih dahulu. This study aims to determine the effect of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) on student learning outcomes on imbalance equilibrium material and pH of saline solution class XI in SMAN 54 Jakarta. The research design used is Posttest-Only Non Equivalent Control Group Design. This research was conducted at SMAN 54 Jakarta in the academic year 2016/2017. Sampling in this research is done by Cluster Random Sampling technique. Thus, it is obtained the class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 2 as the control class. Each class has the same number of students that is 36 students. The learning in the experimental class used cooperative learning model of Team Assisted Individualization type while in the control class using Discovery Learning model. The instrument used in this study is a matter of multiple choice posttest amounted to 30 questions. The obtained data then analyzed using descriptive statistics and inferential statistics, t-test. The average learning outcomes which obtained by students in experimental class is 81.82, while in control class is 77.84. The results showed that there were differences in students' chemical learning outcomes in the experimental class and control class (tcount = 8.65; ttabel = 1.66 so tcount> ttable). Thus, it can be concluded that cooperative learning model of Team Assisted Individualization type positively influences student's chemical learning result on ionic equilibrium material and pH of salt solution due to active student during learning and teacher assistant in the group create a chance for reluctant students to ask the teacher through them first.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Sukro Muhab, M.Si 2) Drs. Suhartono, M.Kes |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:40 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26421 |
Actions (login required)
View Item |