MEGA PUSPA PRATIWI, . (2017) PENGARUH KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN SADAR LINGKUNGAN (Studi Kasus: Konsumen Skincare Pengunjung Mal Kelapa Gading 2 di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
MEGA PUSPA - PENGARUH KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN SADAR LINGKUNGAN EDIT.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas sosial terhadap perilaku konsumen sadar lingkungan. Masyarakat yang berasal dari kelas sosial yang tinggi akan mempengaruhi kesadaran lingkungan dalam menggunakan skincare. Akan tetapi, dalam beberapa kasus kesadaran lingkungan terutama di Kota DKI Jakarta ini masih minim sekali, hal tersebut dapat dilihat dari data yang menunjukkan bahwa lingkungan di Kota DKI Jakarta ini berstatus waspada. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki permasalahan penelitian, yaitu: “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kelas sosial terhadap perilaku konsumen sadar lingkungan?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket (kuesioner) yang berisi pernyataan dengan alternatif jawaban. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kelas sosial, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen sadar lingkungan. Populasi dalam penelitian ini diketahui, yaitu pengunjung Mal Kelapa Gading 2, tetapi tidak memiliki kerangka sampling. Besaran sampel yang dibutuhkan berdasarkan Roscoe adalah sebanyak 60 responden. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara incidental, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Variabel kelas sosial diturunkan berdasarkan konsep kelas sosial, sedangkan variabel perilaku konsumen sadar lingkungan diturunkan berdasarkan teori perilaku konsumen dan konsep kesadaran lingkungan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kelas sosial dengan perilaku konsumen sadar lingkungan. Hal ini didasarkan pada hasil koefisien korelasi antar variabel sebesar 0.054, dan angka signifikansi (2-tailed) sebesar 0.412 > 0.05, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan namun pengaruh hanya berlaku di tingkat sampel. Korelasi antara kedua variabel bersifat positif. Koefisien determinasi sebesar 0.2916% perilaku konsumen sadar lingkungan ditentukan oleh kelas sosial. Sedangkan sisanya 99.7084% ditentukan oleh faktor lain seperti iklan produk, eksistensi produk, harga produk, promosi produk, dan rekomendasi teman. This research aims to know the social class influence consumer behaviour towards environmentally conscious. The community that comes from a high social class affects the environmental awareness in using skincare. However, in some cases environmental awareness mainly in the city of Jakarta is still minimal, it can be seen from the data that indicate that the environment in the city of Jakarta on alert status. Therefore, this research has a research problem, namely: "Whether there is a significant influence of social class consumer behaviour towards environmentally conscious?". This research uses a quantitative approach with method survey. Engineering data collection done by spreading the now (questionnaire) which contains the statement with an alternative response. The independent variable in this study is the social class, while the dependent variable in this study is environmentally conscious consumer behavior. The population in this research note, i.e. visitors Mal Kelapa Gading 2, but does not have the sampling frame. Quantity of samples required upon Roscoe is as much as 60 respondents. As for the sample in this study is taken by using the technique of withdrawing samples are incidental, i.e. anyone who happened to meet with investigators. The variable social class was derived based on the concept of social class, while the environmentally conscious consumer behavior variable was derived based on the theory of consumer behavior and the concept of environmental awareness. Based on the results of the analysis of the data shows that there is a social class influences the behavior of environmentally conscious consumers. It is based on the results of the correlation coefficient between variables of 0054, and numbers of significance (2-tailed) of 0412 > 0.05, which means there is a significant influence but influences only applies at the level of the sample. The correlation between the two variables are positive. Determination of coefficient of 0.2916% environmentally conscious consumer behavior is determined by social class. While the remaining 99.7084% is determined by other factors such as advertising of products, the existence of the product, product pricing, product promotion, and the recommendation of a friend.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Yuanita Aprilandini, M.Si 2) Dr. Evy Clara, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26430 |
Actions (login required)
View Item |