PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS CMS JOOMLA UNTUK MATERI FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 1

QORINA HERDIAN RASYID, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS CMS JOOMLA UNTUK MATERI FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Qorina Herdian R_3215130847.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis CMS Joomla untuk materi fisika SMA kelas XII Semester 1 khususnya materi rangkaian arus searah yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Dick and Carey. E-Learning yang dihasilkan terdiri dari beberapa komponen yaitu homepage, halaman petunjuk, materi (dilengkapi dengan gambar, video, contoh soal, serta materi dalam bentuk pdf), latihan, evaluasi, hasil tes, forum diskusi, serta halaman log out. Hasil uji kelayakan e-learning oleh ahli materi adalah 88,89%, oleh ahli media 86,30%, dan oleh ahli pembelajaran 92,30%. Hasil uji lapangan oleh guru fisika adalah 92,93% dan uji lapangan oleh siswa kelas XII SMA Negeri 30 Jakarta adalah 87,09%. Dari hasil uji kelayakan dan uji lapangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. This research aims to produce e-learning media based on CMS Joomla for physics subject in XII class semester 1 senior high school, especially the direct current circuit subject that is feasible for use in physics learning. The method used is a method of research and development with the model used is Dick and Carey research development model. E-learning produced consists of several components: homepage, instruction page, subject matters (with pictures, videos, sample questions, and subject matters in pdf form), exercises, evaluation, test results, discussion forums, and log out page.The result of e-learning validation by subject matter expert is 88,89%, by media expert is 86,30%, and instructional expert is 92,30%. The result of field test by physics teacher is 92,93% and field test by class XII students of SMA Negeri 30 Jakarta is 87,09%. From the results of validation and field tests, it can be concluded that the developed elearning media declared feasible so that it can be used in physics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Vina Serevina 2) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:04
Last Modified: 13 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26455

Actions (login required)

View Item View Item