ANALISIS MODEL MENTAL SISWA DI SMAN 1 CAWAS KLATEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

RAHMA ESI ANDINA, . (2016) ANALISIS MODEL MENTAL SISWA DI SMAN 1 CAWAS KLATEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
_SKRIPSI-RAHMA ESI ANDINA-FULL-3315122116.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstract_ Bahasa Inggris_Rahma Esi Andina_3315122116.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model mental siswa di SMAN 1 Cawas, Klaten dalam materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cawas pada bulan Desember 2015 hingga Juni 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, wawancara mendalam, dan reflektif jurnal siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standards yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Klaten membangun model mental berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar siswa serta karakteristik siswa, yaitu sopan santun, empati komunikasi, dan menganggap bahwa guru selalu benar. Model mental siswa pada materi hidrolisis garam terbagi dalam model mental yang sesuai dan model mental yang tidak sesuai dengan konsep hidrolisis garam. Ketidaksesuaian model mental siswa dipengaruhi oleh pemahaman dan pengalaman siswa. This study aims to analyze students’ mental models at SMAN 1 Cawas, Klaten in hydrolysis chapter. This research was conducted at SMAN 1 Cawas in December 2015 to June 2016. Subjects of this study are students of XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Klaten. This study is a qualitative research with ethnography method. Data collected by classroom observation, in-depth interviews, and reflective journal. This study used qualitative data analysis. Quality standards that used in this study are trustworthiness with the criteria of credibility, prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty and member checking. The results showed that students in XI MIA Unggulan 3 SMAN 1 Cawas, Klaten build their mental models based on their understanding and experience and influenced by the students’ environment and characteristics, namely politeness, empathy in communication, and assume that the teacher is always right. Students' mental models in hydrolysis is divided into appropriate mental models and mental models that do not fit with the concept of hydrolysis. Incompatibility students' mental models affected by student’s understanding and student’s experience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Achmad Ridwan, M.Si 2) Yuli Rahmawati M.Sc.,Ph.D
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:50
Last Modified: 13 Apr 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26469

Actions (login required)

View Item View Item