PEMANFAATAN VIDEO STREAMING YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VI DI SEKOLAH DASAR AL-BAYYINAH MUHAMMADIYAH

MUHAMAD HASYIM AS'ARI, . (2017) PEMANFAATAN VIDEO STREAMING YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VI DI SEKOLAH DASAR AL-BAYYINAH MUHAMMADIYAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Image
keaslian skripsi.jpg

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prosedur pemanfaatan video streaming YouTube sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas VI. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah : 1) mendeskripsikan analisis Peserta didik yang dilakukan guru, 2) mendeskripsikan perumusan tujuan pembelajaran 3) mendeskripsikan pemilihan metode, media dan bahan ajar, 4) mendeskripsikan penggunaan media, dan bahan ajar, 5) mendeskripsikan partisipasi Peserta didik, 6) mendeskripsikan evaluasi dan perbaikan yang dilakukan guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI SD AlBayyinah Muhammadiyah, dengan sampel kelas VI-B sebanyak 30 orang Peserta didik dan 2 orang Guru. Teknik pengambilan data menggunakan observasi,kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan video streaming YouTube sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas VI sudah dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan tahapan prosedur pemanfaatan ASSURE. The study aims at describing the use of YouTube streaming video as a learning source in Science subject of Grade VI. The study particularly aims at: 1) Describing the students‟ analysis done by the teacher, 2) Describing the construction of learning objectives 3) Describing the selection of method, media, and learning sources, 4) Describing the use of media, and learning sources, 5) Describing students‟ participation, 6) Describing the evaluation and revision done by the teacher. Descriptive study was employed as the research design, while survey was used as the method. The population of the study were all grade VI students of Al Bayyinah Muhammadiyah Elementary School, while the sample were 30 students of class VI-B and two teachers. Descriptive analysis was employed as the data analysis technique. The result shows that the use of YouTube streaming as a learning source for Science subject at grade VI has been done well based on the stages of ASSURE procedure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. RA. Murti Kusuma Wirasti, M. Si. 2). Cecep Kustandi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:36
Last Modified: 14 Apr 2022 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26555

Actions (login required)

View Item View Item