“ PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGAFI KELAS XI DI SMAN 107 JAKARTA”

M. ANDHIKA RAMADHAN, . (2016) “ PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGAFI KELAS XI DI SMAN 107 JAKARTA”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi jadi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bagaimanakah pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pemanfaatan media sesuai dengan prosedur ASSURE. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas dimana guru geografi kelas XI telah menggunakan video sebagai media pembelajaran di kelas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. Sedangkan pada penelitian ini kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Mei 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini berupaya mencari informasi seperti apa pemanfaatan media video pembelajaran kelas yang dilakukan guru geografi di kelas XI IPS. Hasil penelitian menunjukan secara umum pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta yang dimulai dari tahap analisis peserta didik; merumuskan tujuan; memilih metode, media dan bahan ajar; menggunakan media dan bahan ajar; melibatkan peran peserta didik; evaluasi dan revisi, semua sudah cukup baik. Tahap analisis peserta didik dalam proses pemanfaatan media video pembelajaran dapat disimpulkan secara umum masih kurang dari yang diharapkan. Karena guru belum mampu menyamakan persepsi dalam pembelajaran. Tahap merumuskan tujuan dalam pemanfaatan media video pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta dapat disimpulkan sudah cukup baik. Tahap memiliih metode, media dan materi dalam pemanfaatan media video pembelajaran secara umum dapat dikatakan sudah cukup baik. Tahap menggunakan media dan materi dalam pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMAN 107 secara umum dapat disimpulkan sudah cukup baik. Tahap melibatkan peran peserta didik yang dilakukan guru geografi di SMAN 107 secara umum dapat disimpulkan sudah cukup baik prosesnya. Tahap evaluasi dan revisi yang dilakukan guru dalam pemanfaatan media video pembelajaran secara umum dapat disimpulkan sudah sangat baik. Generally, this study aims to describe the overall picture of the use of video media learning in geography class XI SMAN 107 Jakarta. In particular, this study aims to produce a guide to the use of the media in accordance with the procedure ASSURE. This research was done in high school geography class XI where teachers have been using video as a medium of learning in the classroom. The population in this study were students of class XI. While in this study were used as a sample class research is a class XI IPS 1 and XI IPS 2. The timing of the research conducted in May 2016. The method used in this research is descriptive method. This study seeks to find information such as what video media use conducted classroom learning geography teacher in class XI IPS. The results showed the general use of video media learning in geography class XI SMAN 107 Jakarta starting from the analysis phase learners; set goals; selecting methods, media and materials; using media and materials; involves the role of learners; evaluation and revision, all is good enough. Phase analysis of learners in the learning process of utilizing video media can be summed up in general is still less than expected. Because teachers have not been able to make the perception in learning. Stage set goals in the use of video media on subjects in geography class XI SMAN 107 Jakarta can be concluded is good enough. Phase selected methods, media and materials in the use of instructional video media in general can be said to be good enough. Stage using media and materials in the use of video media learning in geography lessons at SMAN 107 can generally be summed good enough. Phase involves the role of learners who do geography teacher at SMAN 107 can generally be summed good enough process. Phase evaluation and revision of the teachers in the use of video media education in general, it can be concluded is very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murti Kusuma Wirasti, M.Si. 2). Drs. Mulyadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:51
Last Modified: 14 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item View Item