Muhammad Ali Ramadhan, . (2018) ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA DEPARTEMEN TALENT MANAGEMENT DI AIESEC UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (203kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (420kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (380kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
11 a. BAB I.pdf Download (513kB) |
|
Text
11 e. BAB V.pdf Download (350kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam rangka meningkatkan kinerja departemen talent management di AIESEC Universitas Negeri Jakarta. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model 3 Fase Needs Assessment oleh Witkins dan Altschuld. Model ini terbagi menjadi 3 fase utama yakni Preassessment, Assessment, dan Postassessment. Pada setiap fasenya terdapat beberapa tahapan yang kemudian disesuaikan dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Tahapan tersebut adalah mengkaji ruang lingkup penelitian dan isu utama permasalahan kinerja, menentukan kondisi kinerja ideal, mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi ideal dan aktual, menentukan kebutuhan kinerja yang muncul, menelusuri faktor penyebab munculnya kebutuhan-kebutuhan tersebut, dan merekomendasikan sejumlah alternatif solusi. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya angket, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini 1 kepala departemen, 2 kepala divisi, 8 staff, 1 validator, dan 2 ahli materi. Hasil dari penelitian ini adalah dari sepuluh aspek yang sesuai dengan indikator kinerja terkait pelaksanaan tugas dan fungsi pekerjaanya, hanya ada empat aspek yang dinyatakan ideal. Selain aspek tersebut memiliki kesenjangan dalam pelaksanaanya, sehingga memunculkan kebutuhan-kebutuhan kinerja yang membutuhkan upaya tindak lanjut dalam rangka meningkatkan kinerja departemen talent management. Alternatif rekomendasi solusi yang diberikan melalui pendekatan secara instruksional berupa program pelatihan, sosialisasi, focus group discussion, workshop, dan penggunaan job aids. Sedangkan pendekatan secara non-instruksional berupa program atau kegiatan coaching, mentoring, team bonding, reward and recognition, penyelenggaraan rekrutmen, penyediaan fasilitas dan alat bantu kerja, serta bimbingan dan supervisi dari atasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Robinson Situmorang, M.Pd 2) Cecep Kustandi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 10:40 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 10:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2658 |
Actions (login required)
View Item |