PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN YANG DIASUH OLEH NENEK DI KELURAHAN MALAKA JAYA (Penelitian Study Kasus di Kelurahan Malaka Jaya Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur)

MUJI RAHAYU, . (2017) PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN YANG DIASUH OLEH NENEK DI KELURAHAN MALAKA JAYA (Penelitian Study Kasus di Kelurahan Malaka Jaya Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muji Rahayu.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perilaku anak usia 5-6 tahun yang diasuh oleh nenek yang berada di kelurahan Malaka Jaya, Kec. Duren Sawit Jakarta Timur. Sampel dari penelitian ini enam anak berusia 5-6 tahun yang diasuh oleh nenek. Pengambilan sampelnya berdasarkan pusposive sampling. Metode yang digunakan adalah study kasus, pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari perilaku sosial anak usia 5-6 tahun yang di asuh oleh nenek dengan 6 sampel menunjukkan bahwa 5 berperilaku sosial positif dengan karakteristik nenek yang ramah, sabar, tegas, dan lembut, sedangkan nenek berkarakteristik banyak bicara terlihat perilaku anak negatif. Hasil ini menunjukkan bahwa perilaku sosial pada anak usia 5-6 tahun yang di asuh oleh nenek di kelurahan Malaka Jaya harus terus di teliti, sehingga para pendidik dapat memberikan parenting bukan hanya untuk para ibu tetetapi pada nenek. Hal ini diharapkan menyamakan persepsi tentang pengasuhan dulu dan sekarang. Qualitative research aims to describe about the behavior of children ages 5-6 years are taken care of by grandma who is in kelurahan Malaka Jaya, Kec. Duren Sawit In East Jakarta. The sample of this research the six children aged 5-6 years are taken care of by Grandma. Sample retrieval based on purposive sampling. The method used is a case study, data collection is done using observation, interviews, and documentation. The research of the social behavior of children aged 5-6 years in foster care by Grandma with 6 sample shows that positive social behaves with the 5 characteristics of a grandma-friendly, patient, firm, and soft, while the characteristic talkative grandmother looks negative child behavior. These results indicate that social behavior in children ages 5-6 years in foster care by Grandma in kelurahan Malaka Jaya should be kept in meticulous, so educators can provide parenting isn't just for mothers but on Grandma. It is expected to liken parenting perceptions about then and now.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yenina Akmal. M. Hum. 2). Dr. Nurjannah, SP. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:10
Last Modified: 14 Apr 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item