HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR FISIOLOGI TUMBUHAN PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RISNA FAUZIAH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR FISIOLOGI TUMBUHAN PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415115810_RISNA FAUZIAH-SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan kemampuan kesadaran berpikir tentang cara berpikir. Keterampilan metakognitif meliputi dua komponen yaitu pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge), dan pengalaman atau regulasi metakognitif (regulation metakognitive). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif (X) dengan hasil belajar Fisiologi Tumbuhan mahasiswa (Y). Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi dan Progam Studi Biologi pada semester ganjil 2015-2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif koresional dengan jumlah sampel sebanyak 65 mahasiswa yang diambil dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan Hasil Belajar Fisiologi tumbuhan. Keterampilan metakognitif memberikan kontribusi terhadap hasil belajar Fisiologi Tumbuhan sebesar 66,5%. Mahasiswa yang menggunakan keterampilan metakognitif dalam kegiatan belajar akan mampu meningkatkan hasil belajar, karena keterampilan metakognitif merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar seseorang. Metacognitive skills is the ability to think about thinking consciousness. Metacognitive skills include two components: metacognitive knowledge and metacognitive regulation. This study aims to determine the relationship between metacognitive skills (X) with Plant Physiology student learning outcomes (Y). The study was conducted in Biology Education Studies Program and Biology Study Program in the first semester of 2015- 2016. The method used is correlation descriptive with a total sample of 65 students were taken by purposive sampling. This research showed a significant positive correlation between metacognitive skills with Learning Outcomes of plant physiology. Metacognitive skills contribute 66.5% to the learning outcomes Plant Physiology. Students who use metacognitive skills in learning activities will be able to improve learning outcomes, because the metacognitive skills is one of the critical success factors of one's learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Supriyatin, M.Si 2) Dra. Ernawati, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:44
Last Modified: 14 Apr 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item