PENGARUH KEPEMIMPINAN (INSTRUCTIONAL LEADERSHIP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA: STUDI EX POST FACTO di SMA NEGERI 90 JAKARTA

RIVKA SEPTIANI, . (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN (INSTRUCTIONAL LEADERSHIP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA: STUDI EX POST FACTO di SMA NEGERI 90 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIVKA SEPTIANI_3415133054_PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU (INTRUCTIONAL LEADERSHIP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan dorongan yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan luar diri siswa yang menentukan arah (directions), kegigihan (intensity), dan ketekunan (persistence) dalam aktivitas belajar. Peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu faktor kepemimpinan (instructional leadership). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan (instructional leadership) terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 90 jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memiliki 2 kelompok sampel yang berbeda yaitu, jumlah sampel masing-masing kelompok sebanyak 27 siswa kelas XI IPA. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunkan uji t pada α=0,05. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang menilai kepemimpinan guru transformasional dan siswa yang menilai kepemimpinan guru transaksional dengan nilai t hitung sebesar 4,29. Skor motivasi belajar siswa antara siswa yang menilai kepemimpinan guru transformasional lebih tinggi dari pada skor motivasi belajar siswa yang menilai kepemimpinan guru transaksional. Oleh karena itu, berdasarkan dari perbedaan rata-rata yang diperoleh, kepemimpinan transformasional diduga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap motivasi belajar siswa dibanding kepemimpinan transaksional. Student learning motivation is an energy that is influenced by factors from within and outside the self that determines the direction, intensity, and persistence in learning activities. The role of teachers is very important in improving students' learning motivation, one of them is leadership factor (instructional leadership). This study aims to determine the effect of leadership (instructional leadership) on student learning motivation in SMA Negeri 90 Jakarta. This research was held in second semester 2016/2017. This research is an Ex post facto research with quantitative approach. This study has 2 different sample groups, the number of samples each group is 27 students of class XI IPA. The result of normality and homogeneity test showed that the sample data come from the normal and homogenous distribution population. Hypothesis testing using t test at α = 0,05. The results of hypothesis testing of this study is there are differences in student learning motivation between students who perceive the leadership of transformational teachers and students who perceive the leadership of transactional teachers with a t value 4.29. The student's motivation score between students who perceive transformational teacher leadership is higher than the student's motivation score that perceive transactional teacher leadership. Therefore, based on the average difference gained, transformational leadership is thought to have a greater influence on student learning motivation than transactional leadership.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Diana Vivanti S., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:47
Last Modified: 14 Apr 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item