RIZAL KAMSURYA, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM KERUCUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 11 SERAM BARAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3136159223_Rizal Kamsurya_Tesis.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pemecahan masalah selain sebagai salah satu tujuan belajar, pemecahan masalah juga menjadi tujuan utama dalam belajar matematika. Permasalahan pembelajaran yang terjadi saat ini adalah kurangnya kreativitas guru membuat siswa menjadi pasif dan sulit untuk menyelesaikan soal yang sifatnya pemecahan masalah diantaranya menyelesaikan soal luas pemukaan dan volum kerucut. Pendekatan PMRI sebagai salah satu pendekatan yang berorientasi pada aktivitas siswa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari dunia nyata melalui aktivitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan PMRI pada pembelajaran luas permukaan dan volum kerucut untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas IX SMP Negeri 11 Seram Barat. Penelitian ini menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Penelitian terdiri dari 4 pertemuan dengan subjek penelitian 6 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, observasi, wawancara, rekaman suara, dan hipotesis lintasan belajar. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dengan menggunakan konteks “kukusang” dan “kagepe” mampu meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi luas permukaan dan volum kerucut, serta kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX SMP Negeri 11 Seram Barat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah disertai dengan tahapan penyelesaiannya. Problem-solving, apart as the learning purpose generally, it is a main purpose in learning Math either. However, the insufficient of teachers creativity makes students become passive and difficult in solving the questions which are related to problem-solving for instance, answering the question about counting the surface area and volume of cone. PMRI (the Indonesian version of realistic mathematics education) approach as one of approach which is students’ activities orientation gives full opportunity to the student in discovering the concept based on their own experience that they attain real world through learning activities inside the classroom. The aim of this research is to identify the implementation of PMRI approach in teaching cone’s surface area and volume to improve math problemsolving ability of the ninth grade students of Junior High School 11 of West Seram. This research is applying research design methodology that contains three stages that are preparing, teaching experiment and retrospective analysis. The research is deploying four meetings with research subject are six students. The research instruments in collecting data are summative test of problem-solving ability, observation, interviews, sound recording, and cross-learning hypothesis. The retrospective analysis results shows that the implementation of PMRI approach by using “kukusang” and “kagepe” context can improve students’ activity and comprehension in learning cone’s surface area and volume as well as the math problem-solving ability of ninth grade students of Junior High School 11 of West Ceram. Data analysis results describes that there is a significant progress of students’ ability in answering problem-solving question along with stages of completion.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dr. Pinta Deniyanti Sampoerna, M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:55 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26616 |
Actions (login required)
View Item |