PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

NAHLA NUR AFIDAH, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nahla Fix 2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan model ini bertujuan menghasilkan modul matematika dengan basis Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada materi bilangan pecahan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Ada 9 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Responden dalam pengembangan in diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas III SD sebanyak 2 orang dan siswa kelas III SDN Bintara VII sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAKEM pada materi bilangan pecahan di kelas III SD dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut ahli sebesar 91%, angket sebesar 90% dan peningkatan hasil dari nilai tes sebesar 30%. Modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan siswa untuk mempelajari materi bilangan pecahan. The focus of this research is generating mathematics modules based on Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif and Menyenangkan (PAKEM) learning on the fractions material in elementary school. This research uses research and development (R & D) method by using Borg and Gall’s theory. The data are taken by using nine, they are: research and data collection; planning; development of draft product; preliminary field trials; revise the results of trials; field trials, improvement of field test results; test field implementation; and improvement of the final product. The respondents of this research are an expert material lecturer, a linguistics lecturer, a professor of media, two elementary school teachers from third grade, and 36 third grade students in SDN BINTARA VII. The results show that the modules based on PAKEM learning on the fractions material in grade III SD is considered very good. It shows from the average value of 91% according to experts, 90% by questionnaires and 30% from the results of the test. This module is easy to learn for students and can be a source of alternative learning used by students to learn fractions material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M. Pd. 2). Dra. Nina Nurhasanah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:18
Last Modified: 14 Apr 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26637

Actions (login required)

View Item View Item