ROSI NURHUJAIMAH, . (2017) UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DENGAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT DI SMAN 14 BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TESIS ROSI NURHUJAIMAH PEND.KIMIA 2017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model ECIRR dengan Conceptual Change Text untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 5 SMAN 14 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metodelogi Classroom action research dengan 1 kelas penelitian yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dimana siklus I presentase perubahan konsep sifat larutan penyangga dengan kategori memahami sebesar 54,20%, perubahan konsep komponen larutan penyangga dengan kategori memahami sebesar 42,85%. Pada siklus II presentase perubahan konsep prinsip larutan penyangga rata-rata kategori memahami dari 29,28% menjadi 61,42%, kategori miskonsepsi dari 44,28% menjadi 25% dan tidak memahami dari 25,86% menjadi 13,57%, Pada siklus III dengan presentase perubahan konsep pH penyangga rata-rata kategori memahami dari 26,66% menjadi 72,85%, kategori miskonsepsi dari 38,09% menjadi 17,85% dan tidak memahami dari 35,24% menjadi 9,28%, sedangkan perubahan konsep peranan larutan penyangga dengan kategori memahami dari 25,71% menjadi 91,43%, kategori miskonsepsi dari 45,71% menjadi 5,71% dan tidak memahami dari 28,57% menjadi 2,86%. Hasil penelitian menujukkan penggunaan model pembelajaran ECIRR dan Conceptual Change Text dapat mengatasi miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga karena sudah mencapai target keberhasilan ≥ 70% menjadi berkategori paham dengan penurunan miskonsepsi yang signifikan. The purpose of this research is to know the application of ECIRR model with Conceptual Change Text to overcome students misconception on the buffer solution at class XI IPA 5 SMAN 14 Bekasi. This research uses Classroom action research methodology with 1 research class which is 35 students. This study consists of 3 cycles where the cycle I percentage of the conceptual changes on charactistic buffer with the category of students understanding of 54.20%, the concept on buffer component conceptual changes with the category of students understanding of 42.85%. In the second cycle, the percentage on buffer principle principle of the concepuatual change with the category srudents understands from 29.28% to 61.42%, students misconception category from 44.28% to 25% and not understand from 25.86% to 13.57%, On the Cycle III with percentage of conceptual change on pH buffer average category students understand from 26,66% to 72,85%, students misconception category from 38,09% to 17,85% and not understand from 35,24% become 9,28%, While the concept on function buffer solution with the category of students understanding from 25.71% to 91.43%, students misconception category from 45.71% to 5.71% and did not understand from 28.57% to 2.86%. The results showed the use of ECIRR learning model and Conceptual Change Text can overcome student misconception on buffer because it has achieved the success target of ≥ 70% to categorize understand with significant decrease of misconception.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof.Dr. Nurbaity, M.Si 2) Dr. Afrizal, M.Si |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 05:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 05:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26645 |
Actions (login required)
View Item |