PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ANDRAGOGI

SAKINAH TIKAWATI, . (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ANDRAGOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Sakinah_Tikawati_IPIA_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar materi Qur’an Hadits dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah menggunakan model pembelajaran andragogi pada siswa kelas X MIA-1 MAN 3 Jakarta Pusat. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Andragogi yaitu konsep pembelajaran yang berpola non otoriter, dimana seluruh prosedur pembelajaran peserta didiklah yang diharapkan untuk bisa menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar peserta didik masing-masing dibawah kontrol guru. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini mengikuti model Kemmis dan McTaggart (Kurt Lewin) yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian berjumlah 40 siswa (28 orang perempuan dan 12 orang laki-laki) dari kelas X MIA-1. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran andragogi dalam meningkatkan prestasi belajar materi Qur’an Hadits pada aspek kognitif , afektif dan psikomotorik pada siklus I sebesar 79,25% dan siklus II sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran andragogi dapat meningkatkan prestasi belajar dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik materi qur’an hadits. Pada Hal tersebut dapat diketahui dari pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran qur’an hadits dengan menggunakan model pembelajaran andragogi. Siswa cenderung lebih aktif dalam menyajikan materi, dan antusias mengikuti pelajaran qur’an hadits menjadi lebih bermakna. The purpose of this study is to improve the learning achievement of Qur'an Hadith material in cognitive, affective and psychomotor aspects after using learning model of andragogy on the students of class X MIA-1 MAN 3 Central Jakarta. The learning model used in this research is Andragogy which is nonauthoritative patterned learning concept, where all learning procedure of students is expected to be able to run the learning process in accordance with the learning style of each learner under teacher control. This research uses Classroom Action Research method which uses descriptive qualitative approach. This research phase follows Kemmis and McTaggart (Kurt Lewin) model which is a spiral cycle which includes planning, implementation, observation, and reflection activities. Technique of collecting data using test method, observation and documentation. Classroom action research was carried out in two cycles with 40 research subjects (28 women and 12 men) from class X MIA-1. The result of research of applying andragogi learning model in improving learning achievement of Qur'an Hadith material on cognitive, affective and psychomotor aspects in cycle I is 79,25% and cycle II is 90,5% with very good category. This result shows that with the application of learning model of andragogy can improve learning achievement in cognitive, affective and psychomotor aspects of qur'an hadith material. It can be seen from the observation of student activity during the learning process of qur'an hadith by using andragogy learning model. Students tend to be more active in presenting the material, and enthusiastic follow the lesson of qur'an hadith becomes more meaningful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Firdaus Wajdi, PhD 2) Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:35
Last Modified: 14 Apr 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item