MENGEMBANGKAN MEDIA FLASH CARD DIGITAL UNTUK REGULASI DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif )

NINIK CANDRA PUSPANINGRUM, . (2017) MENGEMBANGKAN MEDIA FLASH CARD DIGITAL UNTUK REGULASI DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NINIK 1615137393.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media flash card dengan bantuan komputer dengan regulasi diri anak usia 4-5 tahun. Media flash card digital ini dibuat sebagai media alternatif dalam pembelajaran regulasi diri. Penelitian dilaksanakan di PAUD Tunas Teratai Jakarta Timur, dengan responden anak usia 4-5 tahun yang mengikuti kegiatan pembelajaran regulasi diri. Model pengembangan yang digunakan adalah model Baker and Schutz. Model pengembangan ini memiliki tujuh tahapan, yaitu: formulasi produk, spesifikasi pembelajaran, uji coba materi, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk dan analisis operasional. Pengembangan ini sudah melewati tahap evaluasi expert review, one to one, small group, dan field test. Pada uji coba expert review, media flash card digital menghasilkan nilai ratarata 3,56 yang menunjukkan bahwa produk ini baik dan layak digunakan. Pada uji coba one to one, media flash card digital menghasilkan nilai 3,69 yang menunjukkan bahwa produk baik. Pada uji coba small group, menghasilkan nilai rata-rata 3,61 yang menunjukkan bahwa produk ini baik. Pada uji coba field test, menghasilkan nilai rata- rata 3,64. Dalam kesesuaian konten dengan media dalam program pembelajaran flash card digital sesuai dengan nilai ratarata untuk uji coba one to one dan small group menghasilkan nilai 3,5 dan pada uji coba field test dengan hasil rata-rata 3,6. Dari hasil keseluruhan hasil evaluasi dapat dikatakan bahwa media ini baik dan dapat digunakan anak usia 4-5 tahun untuk regulasi diri anak. The purpose of this research to produce a flash card media product with the help of computers with self-regulation of children aged 4-5 years. Digital flash media is made as an alternative media in learning. The research was conducted in PAUD Tunas Teratai East Jakarta, with respondents aged 4-5 years who follow the learning activities. The development model used is Baker and Schutz model. This development model has seven stages: formulation, instructional spesification, item tryout, product development, product tryout, product revision, operation analysis. This development has already passed the expert review stage, one on one, small group, and field test. In expert review trials, digital flash card media generates an average of 3.56 which indicates this product is good and feasible to use. In a one to one trial, the digital flash card media generated 3.69 indicating the product. In small group trials, yields an average of 3.61 indicating this product is good. On field trials, yielded an average of 3.64. In conformity with the media content in the digital flash card learning program corresponding to the average for one-on-one and smallgroup trials resulted in 3.5 and on field test trials with an average yield of 3.6. From the results of the overall evaluation results can be said this media is good and can be used children aged 4-5 years to self-regulation children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lara Fridani, S.Psi, M.Psych, Ph.D. 2). Dr. Nurjannah, SP. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:47
Last Modified: 14 Apr 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26697

Actions (login required)

View Item View Item