PENINGKATAN KECAKAPAN BERPIKIR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DAUR ULANG PUZZLE GEOMETRI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok Strawberry B di BKB PAUD Ceria Cempaka, Cipayung, Jakarta Timur)

NONI WIDIYANTI, . (2017) PENINGKATAN KECAKAPAN BERPIKIR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DAUR ULANG PUZZLE GEOMETRI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok Strawberry B di BKB PAUD Ceria Cempaka, Cipayung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NONI WIDAYANTI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan berpikir anak anak usia 5-6 tahun di PAUD Ceria Cempaka, Cipayung Jakarta Timur. melalui penggunaan media daur ulang puzzle geometri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 - April 2017. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode Kemmis & Taggart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Persentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pra intervensi didapat persentase sebesar 47,4%. Setelah diberikan tindakan persentase meningkat mencapai 68,79%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan siklus II. Persentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 92,5%. Hal ini berarti dari pra intervensi sampai siklus II memiliki kenaikan sebesar 23,7%. Berdasarkan hasil persentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa melalui kegiatan bermain media daur ulang puzzle geometri dapat meningkatkan kecakapan berpikir anak terutama dalam aspek pemecahan masalah. This research aims to know the increased thinking skills in Strawberry B group in Ceria Cempaka Early Childhood Education Ceria, Cipayung, East Jakarta, through recycling media uses by geometry puzzle. This research was carried out in March-April 2017. The method used in this research is classroom action research using Kemmis and Taggart method. The method used is the class action research conducted in two cycles. Each Cycle consists of planning (planning), Action (Acting), Observation (Observing) and reflection (reflecting). The subject of research in class Strawberry B, East Jakarta. An agreed percentage of success of researchers and collaborators is 71%. The result of the analysis of the data on the percentage of pre-trial intervention obtained 47,4%. After given action, the percentage increase reached 68,76%. Data obtained on a cycle I have yet to achieve the target, then the researcher performs actions on cycle II. Percentage obtained in cycle II increased to 92,5%. This means from pre intervention until the cycle II has a rise of 23,7%. Based on the percentage of the results that have been obtained, then the hypothesis of action in this study received. As for the qualitative findings obtained that through through recycle media geometry puzzle can increase thinking skills especially aspect problem solving.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. 2). Lara Fridani, S.Psi, M.Psych, PhD.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Apr 2022 03:56
Last Modified: 17 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26707

Actions (login required)

View Item View Item