HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN SUPERMIE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA ANGKATAN 2010- 2013 FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

BEMY CATUNAWA PAMUNGKAS, . (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN SUPERMIE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA ANGKATAN 2010- 2013 FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BEMY CATUNAWA PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara persepsihargadengan keputusanpembelianpadamahasiswapendidikantataniagaFakultasEkonomiUniversi tasNegeri Jakarta di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi.Variabel bebasnya adalah persepsihargadan keputusanpembeliansebagai variabel terikat.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswapendidikantataniaga FEUNJ, sedangkan populasi terjangkaunya mahasiswapendidikantataniagaangkatan2011.Sampel yang digunakan sebanyak 81 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhanasebanyak 65 orang berdasarkan tabel Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ = 72.46 + 0.34X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liniefors diperoleh Lhitung (Lo) 0,0475, sedangkan Ltabel taraf signifikan 0,05 adalah (Lt) 0,1098. Karena Lhitung<Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat Fhitung(1.79)< Ftabel (0.74), sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji hipotesis diketahui bahwa model keberartianregresiFhitung (17.8) >Ftabel (3.96), Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0.469, maka ini berarti terdapat hubungan positif anatara persepsihargadengankeputusanpembelian. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (4.382) > ttabel = (1.67), sehingga ini menunjukan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara persepsiharga dengan keputusanpembelian. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 22.03% yang menunjukan bahwa keputusanpembelianditentukan oleh persepsiharga sebesar 22.03%. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif antara persepsiharga dengankeputusanpembelianpadamahasiswapendidikantataniaga FEUNJ, Jakarta.Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi persepsiharga maka semakin tinggi keputusanpembelianpadamahasiswa. The study is aimed at obtaining valid, factual information and knowledge about correlation between price perception with buying decisionat student of commerce education FEUNJ in Jakarta. This study used a descriptive method with a correlation approach. Independent variable is price perception and buying perception as the dependent variable. The population in this study werethe students of commerce education FEUNJ, while the population of inaccessibility students of commerce education branch 2011. The sample used by 81 people. The sampling technique used in this study is simple random sampling table of 65 people by Isac and Michael with an error level of 5%. Data analysis techniques starts with finding a simple linear regression equation and obtained Ŷ = 72.46 + 0.34X. Test requirements analysis is the normality test on the estimated regression error Y over X with liliefors obtained Lhitung test (Lo) 0,0475, while the significant level of 0.05 was Ltabel (Lt) 0,1098. Because Lhitung<Ltabel the estimated regression error Y over X (Y - Ŷ) normal. While the linearity test obtained regression of Fhitung (1.79) < Ftabel (0.74), so it was concluded that the linear regression model. Hypothesis tests on the significance of the regression is known that the model of Fhitung (17.8) >Ftabel(3.96), Hypothesis tests with test product moment correlation coefficient of Pearson obtained rxy = 0.469, then this means that there is a positive relationship between price perceptionand buying perception. From the t-test calculation known thitung = (4.382) > ttabel = (1.67), so this shows that there is a significant relationship (significant) between price perception with buying decision. While the results of the calculation of the coefficient of determination values obtained 23.02% which indicates that buying decision is determined by the price perception at 23.02%. The result of this study has proved the existence of a positive and significant correlation between price perception with buying decision at students of commerce education FEUNJ. This means that if the higher price perception will make the better buying decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si ; 2). Dra. Rochyati Sukmadi M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:34
Last Modified: 19 Apr 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item