QURROTU AYUNINA, . (2017) PENGARUH OTORITAS KYAI TERHADAP KESALEHAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Masyarakat RW 02 Desa Cintakarya Kabupaten Bandung Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover and all Skripsi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh otoritas kyai terhadap kesalehan masyarakat. Dengan mengacu pada lima dimensi dalam mengukur kesalehan menurut Glock dan Stark, penelitian ini akan menggambarkan bentuk-bentuk kesalehan masyarakat akibat hasil dari otoritas kyai. Bentuk-bentuk tersebut diantaranya meliputi kepercayaan, praktik, pengetahuan, pengalaman, dan konsekuensi. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian dilakukan di RW 02 Desa Cintakarya Kabupaten Bandung Barat pada November 2016 - Februari 217. Pengumpulan data kedua variabel dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan total keseluruhan 49 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan tabel bilangan. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, didapat sebanyak 80 responden dari 412 populasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dan inferensial. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 juga menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari otoritas kyai terhadap kesalehan masyarakat di sekitarnya. Hal ini didasarkan pada uji korelasi Pearson yang menunjukkan bahwa pertama, nilai koefisien korelasi Pearson berada pada angka sebesar 0,80 dengan koefisien determinasi sebesar 0,64 yang memiliki arti bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 64%. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang besar dari otoritas kyai terhadap kesalehan masyarakat. This study aims to determine wether there is significant correlation between authority of kyai and public piety. Measuring by Glock and Starks’s concept of piety, thus paper will describe what kind of public piety as result of kyai’s authority. There are five dimensions to measuring the public piety; practic, knowledge, belief, experience, and consequence. This research using a quantitative approach with survey method. The thecnique to collect data of both variable, X and Y, by distributing a questionnaire containing 49 questions. The study sample was taken by using simple random sampling technique wuth the formula of Slovin’s opinion. Sample were obtained 80 respondents of 412 population of RW 02. Data processed by Microsoft Excel and Statistical Package for Social Science (SPSS) 16.0. The result of this study showed that there are big correlation between kyai’s authority and public piety. Based on Pearson’s correlation showed that the number of correlation coefficient is 0,80 with determination cofficient 0,64 which means that X variable influence Y variable as much as 64%. It can be conclude that there is big influence from the authority of kyai to the public piety.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Ahmad Tarmiji M.Si 2) Dra. Rosita Adiani, MA |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:40 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26840 |
Actions (login required)
View Item |