PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEKERJA ANAK PABRIK BATU BATA (LIO) DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA WIBAWAMULYA KECAMATAN CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI

AZIZAH FAUZIAH, . (2015) PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEKERJA ANAK PABRIK BATU BATA (LIO) DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA WIBAWAMULYA KECAMATAN CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendidikan Karakter Pada Pekerja Anak Pabrik Batu Bata (Lio) dalam Lingkungan Keluarga di Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pekerja anak pabrik batu bata (Lio), mengetahui penerapan nilai-nilai karakter oleh pekerja anak pabrik batu bata (Lio) dalam kehidupan sehari-hari, dan mengetahui hambatan dalam proses pendidikan karakter pada pekerja anak pabrik batu bata (Lio). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Serta teknik keabsahan data yang digunakan berupa perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa orang tua pekerja anak telah memberikan pendidikan karakter berupa penanaman nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, mandiri, kerja keras, dan bersahabat/komunikatif dengan pola asuh yang diterapkan sangat fleksibel atau disesuaikan dengan kebutuhan anak. Adakalanya orang tua menerapkan pola asuh otoriter, demokratis, serta permisif. Sejak anak beranjak dewasa, orang tua lebih cenderung menerapkan pola asuh permisif. Penanaman nilai-nilai karakter diberikan dengan cara pembiasaan, pemberian nasihat, dan keteladanan orang tua. Dalam penerapan nilai-nilai karakter oleh pekerja anak yang kehidupan sehari-harinya cenderung cukup baik, Tetapi, nilai religius kurang diterapkan dengan baik, sebab anak jarang melaksanakan ibadah tepat waktu. Hambatan selama proses pendidikan karakter pada pekerja anak pabrik batu bata, yaitu berasal dari faktor internal, antara lain kurangnya intensitas perjumpaan dan komunikasi antara orang tua dengan anak, rendahnya pendidikan orang tua, kurangnya keteladanan orang tua, dan pola asuh anak cenderung permisif. Sedangkan faktor eksternal, antara lain pengaruh lingkungan sosial sekitar pekerja anak dan pengaruh perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nusa Putra, S.Fil.,M.Pd. ; 2). Martini, M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:30
Last Modified: 19 Apr 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26851

Actions (login required)

View Item View Item