PUTRI YOWANTY SUNARYO, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (14kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (27kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (597kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (146kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (348kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (482kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (98kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui penggunaan media komik pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase siswa yang mendapat nilai menulis narasi ≥70 sebesar 76%. Kemudian terjadi peningkatan, pada siklus II persentase siswa yang mendapat nilai menulis narasi ≥ 70 adalah 89%. Data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kemampuan menulis narasi siswa yaitu sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan media komik pada siklus I mencapai 90% (aktivitas guru) dan 85% (aktivitas siswa). Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 100% (aktivitas guru) dan 95% (aktivitas siswa). Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 90% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. This Classroom Action Research aims to improve narrative writing skill through the use of comic media in fifth grade student. Subjects of this research is the fifth grade students of Guntur 03 Pagi Elementary School South Jakarta that have 29 students. This research was conducted using the Kemmis and Mc. Taggart model. The research procedure is a cycle that includes planning, action, observation, and reflection. Techniques of data collection in this research are all about the test, observation, and documentation. Based on the results of the research in the first cycle the percentage of students who scored narrative writing ≥70 was 76%. Then there was an increase in second cycle, the percentage of students who scored narrative writing ≥ 70 was 89%. The data shows that research targets or success criteria narrative writing skill of students which was 80% had been reached. The results of the monitoring actions in learning by using comic media in the first cycle was 90% (teacher activity) and 85% (student activity). An increase in the second cycle reaching 100% (teacher activity) and 95% (student activity). The data shows that the target of the action monitoring which was 90% had been reached. Therefore, it can be concluded that the use of comics as a media of learning can improve narrative writing skill in the fifth grade students of Guntur 03 Pagi Elementary School, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. 2). Drs. Sutrisno, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26954 |
Actions (login required)
View Item |