RACHMIYANI SAB’ATIN, . (2017) KAJIAN TENTANG KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DENGAN KEGIATAN BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KREASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
RACHMIYANI SAB’ATIN - 1615128642.pdf Download (1MB) |
Abstract
Data analisis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun dengan kegiatan bercerita dengan permainan wayang kreasi. Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan ilmu bahasa. Wayang kreasi merupakan media pembelajaran yang dibuat menggunakan kertas duplek dan menggunakan bahan flanel dengan beberapa macam bentuk manusia, binatang dan ditambahkan kayu yang dilapisi menggunakan kertas kado sebagai pegangannya yang dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun. Data analisis diperoleh dari analisis perbandingan bahwa wayang kreasi mempunyai manfaat untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak, yang dijadikan objek kajian perbandingan. Keterkaitan bercerita dengan bermain wayang kreasi yang dijadikan objek kajian perbandingan dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak. Hasil analisis ini membuktikan bahwa kegiatan bercerita dengan wayang kreasi dapat mengembangkan kemampuan berbicara. Anak mampu mengembangkan keterampilan anak dalam berkomunikasi. anak dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya ketika anak tidak dapat mengungkapkannya kepada orang lain. menjadi lebih bermakna dengan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh anak melalui kegiatan bercerita dengan permainan wayang kreasi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bercerita dengan permainan wayang kreasi dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Date analysis is intended to determine the ability to speak in children aged 4- 5 years with storytelling with puppets game creations. The ability to speak is one linguistic abilities. Puppet creations is the instructional media created using duplex paper and use a flannel with some forms of human, animal and added wood coated using wrapping paper as a handle that can develop the ability to speak in children aged 4-5 years. Data obtained from the analysis of comparative analysis that puppet creations have benefits for developing children's speech, which made the object of comparative studies. Linkage told by playing puppet creations that made the object of comparative studies can develop the ability to speak in children. The results of this analysis shows that storytelling with puppets creations can develop the ability to speak. Children are able to develop children's skills in communication. children can express what he felt when a child can not disclose it to others. become more meaningful by learning directly done by children through storytelling with puppets game creations. Thus it can be stated that the storytelling with puppets game creations can develop speaking skills of children aged 4-5 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Wulan, M.Si. 2). Hikmah MM, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 22:42 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 22:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26966 |
Actions (login required)
View Item |