MUHAIMINAH, . (2015) KOSMETIK DAN GAYA HIDUP: (Studi Pada Lima Perempuan Pengguna Kosmetik Eyes Lips Face Di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Muhaiminah.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Eyes Lips Face merupakan suatu merek kosmetik Amerika yang mulai memasuki pasar Indonesia dengan penggunanya perempuan yang relatif muda. Penelitian ini berguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana pemaknaan penggunaan kosmetik oleh perempuan perkotaan dengan membagi lima kalangan perempuan berdasarkan profesinya. Tujuan pembahasan konstruksi pemaknaan penggunaan kosmetik selanjutnya menjadi tujuan untuk menelaah bagaimana perempuan mengkonstruksi citra serta status dan kelas sosialnya melalui penggunaan kosmetik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di lingkup kota Jakarta dengan subjek dalam penelitian adalah lima perempuan sebagai informan. Informan yang merupakan perempuan perkotaan muda dengan rentang usia mulai dari 17 tahun hingga 26 tahun. Informan dibagi atas lima profesi berbeda yaitu pelajar, mahasiswi, karyawati, wiraswasta dan ibu rumah tangga sebagai representasi dari beberapa profesi perempuan yang terdapat di kota Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan penggunaan kosmetik merupakan hasil konstruksi dari luar maupun dalam diri perempuan perkotaan. Konstruksi pemaknaan penggunaan kosmetik dari luar cenderung kepada pembentukan opini oleh industri periklanan dan beauty blogger. Sedangkan konstruksi dalam diri perempuan terdapat pada hasil pengamatan dan pengalaman informan. Enam tujuan penggunaan kosmetik ditemui dalam perempuan perkotaan untuk tuntutan profesi, perawatan, penampilan, percaya diri, hobi dan pergaulan. Perempuan merepresentasikan dirinya melalui pencitraan pigura dengan penggunaan kosmetik sebagai salah satu usahanya menonjolkan idealisme kecantikan melalui tampilan fisik. Selain itu, penggunaan kosmetik menggambarkan status dan kelas sosial yang cenderung pada kelas menengah keatas karena penggunaan kosmetik tidak membuat kelima informan mengalami kekurangan pada kebutuhan primernya. Penggunaan kosmetik tertentu merupakan suatu representasi dari status dan kelas sosialnya, baik secara actual maupun yang dikonstruksi oleh masing-masing perempuan dalam mencapai tingkatan tertentu dalam masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yuanita Aprilandini, M.Si. ; 2). Dra. Evy Clara, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 05:45 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 05:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27004 |
Actions (login required)
View Item |