PROSES PEMBELAJARAN IPS PESERTA KEJAR PAKET B (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat [PKBM] Kartini, Bekasi Utara)

NOVI NISA RAHMAWATI, . (2015) PROSES PEMBELAJARAN IPS PESERTA KEJAR PAKET B (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat [PKBM] Kartini, Bekasi Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Novi Nisa Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak, dll..pdf

Download (355kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Proses Pembelajaran IPS Peserta Kejar Paket B (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat [PKBM] Kartini, Bekasi Utara)” untuk mengetahui proses pembelajaran IPS peserta kejar Paket B di PKBM kartini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS peserta Kejar Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari informan kunci ialah ketua PKBM Kartini dan bendahara PKBM Kartini, sedangkan informan inti ialah tutor IPS PKBM Kartini dan peserta Paket B PKBM Kartini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS Paket B di PKBM Kartini diajarkan oleh seorang tutor yang bukan berasal dari sarjana pendidikan IPS, melainkan berasal dari sarjana pendidikan ekonomi. Dalam menyampaikan materi IPS tutor menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sumber belajar yang digunakan adalah modul IPS yang disediakan oleh pihak pengelola PKBM Kartini. Evaluasi pembelajaran IPS dilakukan melalui latihan soal, ulangan harian, tryout, Ujian Nasional(UN), dan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Peserta Paket B terdiri dari berbagai macam karakteristik, latar belakang, dan usia yang berbeda. Kesimpulan dari hasil penelitian ialah proses pembelajaran IPS peserta kejar Paket B di PKBM Kartini belum efektif, karena jadwal pembelajaran yang kurang tersusun dengan baik. Hal ini menyebabkan ketidaksiapan tutor IPS dan para peserta Paket B di PKBM Kartini untuk mengikuti proses pembelajaran IPS, sehingga hasil belajar IPS peserta Paket B tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M. Si. ; 2). Dian Alfia Purwandari, S. E, M. Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:26
Last Modified: 22 Apr 2022 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27011

Actions (login required)

View Item View Item