IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kualitatif: Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta)

RISDA MALEVA JUNI, . (2015) IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kualitatif: Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Implementasi Kesetaraan Gender dalam Proses Pembelajaran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpul data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Analisi data dilakukan mengikuti model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta sudah terlaksana dengan baik. Penggunaan media dan metode pembelajaran oleh guru perempuan lebih banyak yang terampil dan lebih bisa mengambil perhatian siswa laki-laki dan perempuan sehingga guru perempuan lebih berperan dalam mengimplementasikan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Pada interaksi guru-siswa dan siswa-siswa, baik guru perempuan dan laki-laki sudah berperan baik dalam mengimplementasikan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Meskipun implementasi kesetaraan gender dalam proses pembela- jaran sudah diterapkan oleh guru dengan memberikan akses, kontrol, partisipasi dan manfaat yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan, tetapi partisipasi siswa laki-laki dan perempuan berbeda dalam setiap kegiatan. Hal itu terjadi karena keinginan dan perilaku siswa laki-laki dan perempuan yang juga berbeda. Kesimpulannya, kesetaraan gender yang diimplementasikan sejak dini kepada siswa melalui sekolah dan guru dalam proses pembelajaran dapat meminimalisir atau menghilangkan adanya diskriminasi dan bias gender, karena perbedaan peran laki-laki dan perempuan itu tercipta melalui proses belajar dalam lingkungan, bukan lagi dari faktor-faktor biologis kedua insan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M. Si. ; 2). Drs. Muhammad Muchtar.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:37
Last Modified: 22 Apr 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27052

Actions (login required)

View Item View Item