DINAR WIJAYANTI, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRATATA RAMBUT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DINAR SKRIPSI.pdf Download (9MB) |
Abstract
Di beberapa sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 termasuk di SMK N 27 Jakarta di berbagai mata pelajaran. Hasil pengamatan peneliti masih terdapat siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dengan guru menggunakan metode tutor sebaya untuk pembelajaran mata pelajaran pratata rambut. Siswa yang berperan sebagai tutor belum mempunyai kemampuan membimbing dan pengetahuan yang cukup, sehingga perlu diberikan latihan lebih intensif. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan model pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa ke arah yang lebih baik. Melalui pendekatan saintifik dengan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kualitas hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada pelajaran pratata rambut di kelas XI SMK N 27 Jakarta. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran di kelas XI SMK N 27 Jakarta. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK N 27 Jakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Pelaksanaan ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, pengamatan sikap siswa, dan pengamatan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa sama dengan 80, dengan persentase ketuntasan minimal 80%, keaktifan siswa dalam kegiatan belajar minimal 80%, dan penilaian sikap minimal 80%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 79,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 63,79%, penilaian siswa dalam proses pembelajaran sebesar 84,87 dengan persentase 73,16%, dan nilai aktifitas siswa dalam pembelajaran sebesar 84 dengan persentase 72,4% dengan krteria tinggi. Pada siklus II didapat rata-rata nilai hasil belajar siswa 83,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,2%, penilaian sikap siswa dalam pembelajaran mencapai nilai 94,25 dengan persentase 81,25%, dan pengamatan aktifitas siswa mencapai 95,75 dengan persentase 82,5%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dan nilai rata-rata yang diperoleh diatas SKBM yaitu 80,00. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa pendekatan saintifik dengan pembelajaran berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pratata rambut siswa kelas XI SMK N 27 Jakarta *For the implementation of the curriculum in 2013, schools have implemented this curriculum in various subjects. The value of learning outcomes in class XI Tata Beauty Hair SMK N 27 Jakarta in the academic year 2013/2014 there were getting value below 8.00 Minimum Standards Mastery Learning. This is due to the students tend to be passive in learning with the teacher using peer tutoring to learning subjects hair preset. Students who act as tutors do not have the ability to guide and knowledge, so that needs to be given more intensive training. Such learning conditions, require changes to the model of learning that teachers be able to improve learning outcomes and student activities towards the better. Formulation of the problem in this study is whether the research scientific approach to project-based learning can improve the quality of learning outcomes and student learning activities in a lesson in class XI hair preset SMK Negeri 27 Jakarta. In connection with these issues, this study aims to improve learning outcomes and student activities in class XI SMK Negeri 27 Jakarta. The subjects of this study are students of class XI SMK Negeri 27 Jakarta 2014/2015 school year, amounting to 29 students. This implementation is done in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Method of data collection is done by using a test, students' attitudes observation, and observation of student learning activities during the learning takes place. Indicators of the success of this research is the average value of student learning outcomes equal to 80, the percentage of completeness of at least 80%, active students in learning activities at least 80%, and the assessment of at least 80% attitude. Assessment results show that in the first cycle average student learning outcomes 79.83 with 63.79% completeness classical learning, assessment of students in the learning process at 84.87 with a percentage of 73.16%, and the value of the student in the learning activities for 84 to percentage of 72.4% with high criteria. In the second cycle the average value obtained student learning outcomes 83.83 with 86.2% completeness classical learning, assessment of students in the learning attitude reaches 94.25 with 81.25% percentage, and observation activities with the percentage of students reaching 95.75 82.5%. The results showed an increase from the first cycle to the second cycle. Based on the results obtained, it can be concluded that the scientific approach with proven project-based learning can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Lilies Yulastri M.Pd ; 2). Dr. Dwi Atmanto M.Si |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 05:51 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 05:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27069 |
Actions (login required)
View Item |