TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBIMBINGAN MAHASISWA PKM dalam PEMBELAJARAN SEJARAH

RIVANNY KUMALADEWI, . (2017) TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBIMBINGAN MAHASISWA PKM dalam PEMBELAJARAN SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_Rivanny Kumaladewi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeksripsikan data survei mengenai tanggapan siswa terhadap pembelajaran sejarah dibawah bimbingan mahasiswa PKM (Praktik Keterampilan Mengajar). Tempat dilakukannya penelitian ini adalah di SMA Negeri 64 Jakarta Timur, Jl.Raya Cipayung RT 011/RW01 Kecamatan dan Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah kurang lebih enam bulan, terhitung sejak bulan April sampai dengan September 2016. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket terbuka dan angket tertutup dengan total jumlah 46 butir soal yang terdri dari angket tertutup sebanyak 23 soal dan angket terbuka sebanyak 23 soal. Nomor ganjil (1,3,5,...45) untuk angket tertutup dan soal bernomor genap (2,4,6,....46) untuk angket terbuka. Angket ini disebarkan kepada siswa kelas XI IPA 3. XI IPS 1, XI IPS 3 dan XI IPS 4 sebagai respondennya yang telah ditentukan menggunakan metode simple random sampling atau memilih populasi secara acak. Setelah dilakukan analisis data angket yang telah terkumpul dari 144 responden. Hal paling menonjol yang sudah dilakukan oleh mahasiswa PKM dalam pembelajaran sejarah adalah sebanyak 67% menggunakan LCD proyektor sebagai media pembelajaran yang sering digunakan, baik dalam menyampaikan tujuan pembelajaran sebanyak 67% dan menampilkan rangkuman pelajaran sebanyak 56%. Mahasiswa PKM lebih sering memberikan soal dalam bentuk isian, hal ini ditanggapi sebanyak 41% dan sering memutarkan film sejarah dengan persentase sebanyak 56%. Beberapa hal dalam pembelajaran sejarah yang diterapkan oleh mahasiswa PKM sudah mendapatkan tanggapan yang bagus dari siswa, namun mahasiswa PKM juga masih memiliki kekurangan dalam mengajar yang masih harus ditingkatkan lagi. Diantaranya adalah berupa menyiapkan kondisi kelas sebelum memulai pembelajaran sejarah, sebanyak 54% siswa memberikan tanggapan mahasiswa PKM dalam menyiapkan kondisi kelas tidak didahulukan dengan berdoa, langsung mengabsen siswa. Penggunaan metode kurang variatif, hasil yang diperoleh sebanyaj 31% siswa menanggapi mahasiswa PKM tidak menggunakan metode selain ceramah dan 43% siswa mengatakan hanya terkadang saja mahasiswa PKM menggunakan metode selain ceramah. Selain ceramah, mahasiswa PKM juga hanya menerapkan metode diskusi kelompok saja utuk emnciptakan komunikasi belajar antar siswa dengan persentase sebanyak 93%. Hanya 3% siswa yang mengatakan mahasiswa PKM menggunakan games dalam pembelajaran sejarah. Dalam memberikan soal, mahasiswa PKM tidak hanya menggunakan soal pilihan ganda saja, hal ini diperkuat dengan tanggapan yang diberikan oleh siswa hanya 1% saja. Memberikan tugas rumah yang terlalu banyak mendapatkan 67% tanggapan siswa. This research has the objective to describe survey data on students' responses to the teaching of history under the guidance of students PKM (Practice Teaching Skills).The place of this study was in SMA Negeri 64 Jakarta Timur, Jl.Raya Cipayung RT 011 / RW01 District and Sub in Cipayung. The time required in this study were less than six months, starting from April to September 2016. The approach adopted in this study is a quantitative survey method. Data collection techniques used in the form of a questionnaire open and closed questionnaire with a total number of 46 items that consist of questionnaire covered 23 questions and the questionnaire as much open as many as 23 questions. Odd numbers (1,3,5, ... 45) to the questionnaire enclosed and about the even-numbered (2,4,6, ... .46) to open questionnaire. This questionnaire distributed to students of class XI IPA 3. XI IPS 1, XI XI IPS IPS 3 and 4 as the respondent who has been determined using the method of simple random sampling or select a random population. After analyzing the questionnaire data that has been collected from 144 respondents. The most prominent thing that has been done by students of PKM in history learning is as much as 67% using an LCD projector as a learning medium that is frequently used, both in delivering the learning objectives as much as 67%, and display a summary of lessons as much as 56%. Students PKM more often leave questions in the form of stuffing, it is addressed as much as 41% and often play the historical film with a percentage of 56%.Some things in history which is implemented by the students PKM already getting great feedback from students, but students PKM also still has shortcomings in teaching yet to be improved. Among them is the form of set conditions before the start of teaching history class, as many as 54% of students responded PKM students in preparing class condition does not take precedence in prayer, direct roll student. The use of methods less varied, the results obtained as much 31% of students respond to students PKM not use methods other than lectures and 43% of students said they sometimes only just students PKM using methods other than lectures. In addition to lectures, students PKM also only apply any group discussion method to create communication between students with a percentage of 93%. Only 3% of students said PKM students using games in learning history.In providing the questions, PKM students not only use multiple choice questions only, this is reinforced by the responses given by students only 1% only. Provide homework is too much to get 67% of student responses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Abdul Syukur, M.Hum 2) Sri Martini,S.S., M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:29
Last Modified: 20 Apr 2022 01:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item