PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKPBI TAHAPAN DETEKSI BUNYI KELAS TLO DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT

RINI MARIA LESTAWATI, . (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKPBI TAHAPAN DETEKSI BUNYI KELAS TLO DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rini Maria Lestawati (1335133666).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperdalam informasi tentang pelaksanaan pembelajaran PKPBI tahapan deteksi bunyi kelas TLO SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen dengan sumber data guru PKPBI dan kepala sekolah. Pemeriksaan keabsahan data adalah dengan menggunakan triangulasi data. Hasil temuan penelitian adalah (1) kurikulum diberikan oleh pemerintah, namun kurikulum dimodifikasikan sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa. (2) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode maternal reflektif (3) guru menggunakan pendekatan oral aural, visual, auditori, kinestetik, dan taktil. (4) kegiatan pembelajaran PKPBI berlangsung selama 1 jam pelajaran dalam sekali seminggu. (5) proses pembelajaran kegiatan PKPBI terangkum dalam ruang lingkup pembelajaran PKPBI yaitu pengkondisian siswa, kemudian melakukan kegiatan pembelajaran, pemberian reinforcement positif dan negatif, dan evaluasi pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan menggunakan kurikulum modifikasi , metode maternal reflektif dan pendekatan oral aural dalam pelaksanaan pembelajaran PKPBI tahapan deteksi bunyi kelas TLO di SLB B Pangudi Luhur dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan komunikasi siswa tunarungu. The purpose of this study is to deepen the information about the implementation of learning PKPBI on sound detection for TLO students in SLB B Pangudi Luhur West Jakarta. The method used is descriptive method with qualitative approach. Data collection techniques used were observation, interviews, and document studies with PKPBI teacher data sources and principals. The data validity check is by using triangulation of data. The research findings are (1) the curriculum is given by the government, but the curriculum is modified according to the ability and characteristics of the students. (2) the learning method used is reflective maternal method (3) teachers using oral aural, visual, auditory, kinesthetic, and tactile approach. (4) PKPBI learning activities lasted for one hour lesson once a week. (5) learning process PKPBI activities summarized in PKPBI learning scope is student conditioning, then doing learning activities, giving positive and negative reinforcement, and evaluation of learning. The implication of this research is by using modification curriculum, reflective maternal method and oral aural approach in PKPBI learning implementation of TLO class on sound detection stage in SLB B Pangudi Luhur can give a significant impact on the development of deaf students communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. 2). Dr. Totok Bintoro, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:45
Last Modified: 20 Apr 2022 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item