MODEL PEMBELAJARAN SERVIS ATAS BOLAVOLI (AS) UNTUK USIA SMP

MUHAMMAD ASPAR, . (2016) MODEL PEMBELAJARAN SERVIS ATAS BOLAVOLI (AS) UNTUK USIA SMP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (61kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
3 RINGKASAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4 PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (909kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (334kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran servis atas bolavoli untuk usia SMP. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model servis atas bolavoli untuk usia Sekolah Menengah Pertama dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi SMP yang terdiri dari 60 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen tes servis bolavoli yang digunakan untuk mengumpulkan data servis atas bolavoli anak usia SMP, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes servis atas untuk mengetahui tingkat kemampuan servis atas bolavoli untuk usia SMP sebelum pemberian treatmen berupa model servis atas yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan servis atas setelah perlakuan atau treatmen model servis atas yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat servis atas siswa sebesar 3828, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model servis atas diperoleh tingkat kemampuan servis atas siswa sebesar 4932. Maka model servis atas bolavoli ini efektif dalam iv meningkatkan pembelajaran servis atas bolavoli untuk usia Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran servis atas bolavoli untuk usia SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah (2) Dengan model pembelajaran servis atas bolavoli untuk usia Sekolah Menengah Pertama yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretes dan posttes adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. dr. James AP Tangkudung, Sport. Med, M.Pd., ; 2). Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Jan 2020 10:20
Last Modified: 13 Jan 2020 10:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item