STRATEGI PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus: Sekolah Terminal Hujan, Baranangsiang Kota Bogor)

SHAIBA AYU WIDYAWATI, . (2017) STRATEGI PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus: Sekolah Terminal Hujan, Baranangsiang Kota Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Shaiba Ayu Widyawati_4915133437_Strategi Pendidikan Nonformal Pada Anak Usia Dini_P.IPS_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi yang diterapkan dalam pembentukan karakter anak usia dini di Sekolah Terminal Hujan, Kota Bogor, (2) Mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penerapan strategi pendidikan karakter anak usia dini di Sekolah Terminal Hujan. Penelitian dilakukan di Sekolah Nonformal Terminal Hujan, Baranangsiang Bogor selama tiga bulan dari Februari sampai dengan April 2017. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan TH dalam membentuk karakter anak usia dini melalui tiga nilai yang ditanamkan adalah dengan melalui langkah-langkah pendekatan atau komunikasi yang dilakukan pengajar kepada anak, proses pembiasaan, serta pendampingan (pengawasan) yang dilakukan oleh pengajar melalui orang tua dengan memberikan lembar checklist yang berisi agenda kegiatan anak usia dini yang mencerminkan penerapan dari nilai-nilai karakter.Tiga nilai karakter yang TH kembangkan antara lain religius, disiplin, dan kreatif. Langkah-langkah penerapan dari strategi pembentukan karakter bagi anak usia dini yaitu berdasarkan dengan RPP yang telah disusun oleh pengajar dan kurikulum yang disesuaikan pula pada kebutuhan anak usia dini kelas pre-school. (2) Faktor penghambat TH dalam memberikan strategi penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini terdiri dari dua faktor yaitu, faktor internal: kurang eksplorasi bakat yang dimiliki oleh anak, rendahnya respon anak pada proses pembelajaran, kurangnya motivasi belajar serta kurangnya SDM atau tenaga pengajar untuk kelas pre-school terutama tenaga pengajar yang ahli dalam proses pendidikan karakter bagi anak usia dini. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari: kondisi lingkungan sosial yang rentan akan tindak kriminal, keadaan kurikulum yang tidak sesuai dengan usia perkembangan anak, dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran dan penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini. The aims of this study are to identify the strategies and the factors of problem to setting up the characters of early childhood at Sekolah Terminal Hujan. This research is conduct at Sekolah Terminal Hujan, Baranangsiang Bogor during three months start from February to April 2017. In conducting the research, a qualitative is used. It has been analyzed from the observation, in-depth interview, note field and documentation. The result of this research the writer found, First, the strategy which is used by Sekolah Terminal are by approaching the students and the habituation and supervision by the teachers through providing a checklist containing the agenda of preschool activities which reflect the characters of three values. There are three values which is used namely; religious, disciplined and creative. Implementation steps of character building strategy for early childhood that is based on lesson plan which have been prepared by teacher and curriculum that also adjusted to requirement of early child pre-school class. Second, the problems of TH in giving strategy of planting characteristic values at early childhood consist of two factors, internal factors: lack of talent exploration owned by children, low response of children to learning process, lack of learning motivation and lack of human resources or manpower teachers for pre-school classes especially teachers who are experts in the character education process for early childhood. While external factors consist of: social environment condition which susceptible to crime, curriculum condition which is not appropriate with age of child development, and lack of facilities and infrastructure that support learning process and planting character values at early childhood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si 2) Martini, SH, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:10
Last Modified: 20 Apr 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27276

Actions (login required)

View Item View Item