ROBIN VALENTINO HADI, . (2017) STUDI DESKRIPTIF TUTOR DALAM MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET B DI PKBM JAKARTA TIMUR DAN JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf Download (8kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
COVER SAMA KATA PENGANTAR.pdf Download (164kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB 1 -5 SEMUA FIX UTK REVISI.pdf Download (804kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran data tentang kegiatan tutor dalam merancang kegiatan pembelajaran pada program paket B di PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Peneliti ini menggunakan 30 responden yang seluruhnya merupakan Tutor Paket B. Di PKBM Negeri 12, 13, 14, 16, 29 dan 33 Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini adalah menggunakan metode observasi dan penyebaran angket. Analisis data pada penelitian kali ini yaitu deskripsi data dan mengambil kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran data mengenai kegiatan tutor dalam merancang kegiatan pembelajaran di 6 PKBM tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh dari penjabaran data angket adalah (1) Tutor menyusun RPP sebelum melaksanakan pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, (2) Tutor yang menjadikan kurikulum yang berlaku sebagai standar pembelajarannya memperoleh persentase sebesar 100%, (3) Tutor yang membuat tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum berlaku memperoleh persentase sebesar 96,6%, (4) Tutor yang selalu menyiapkan bahan pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung memperoleh persentase sebesar 100%, dan (5) Tutor yang mengenal sifat warga belajarnya memperoleh persentase sebesar 96,7%. This study aimed to get an overview of data on the activities of tutors in designing learning activities on the program paket B in PKBM East Jakarta and Central Jakarta. This research uses descriptive method and quantitative approaches. The researcher used 30 respondents who are all Tutor Paket B in PKBM 12, 13, 14, 16, 29 and 33 in Jakarta. Data collection techniques in this research is to use the method of observation and questionnaires. The data analysis in this study is the description of the data and draw conclusions. The purpose of this study is to provide an overview of data on the activities of tutors in designing learning activities in 6 of the PKBM. The results obtained from the translation of questionnaire data are (1) The tutor who prepare lesson plans (RPP) before implementing the learning, earn a percentage of 90% (2) Tutor who made the applicable curriculum as the standard of learning, earn a percentage of 100% (3) Tutor who makes learning objectives in accordance with the applicable curriculum earn a percentage of 96.6%, (4) Tutor are always preparing learning materials before learning activities could take place earn a percentage of 100%, and (5) Tutor who know the nature of the learners obtain a percentage of 96.7%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Widio Prihanadi. 2). Dr. Karnadi, M. Si, MM. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 11:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 11:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27277 |
Actions (login required)
View Item |