HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MATA KULIAH EVALUSI HASIL BELAJAR

RYAN PANGESTU AJI, . (2017) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MATA KULIAH EVALUSI HASIL BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi 1215110566 Ryan Pangestu Aji.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PERSETUJUAN.jpg

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Image
SURAT PERNYATAAN.jpg

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Image
RIWAYAT HIDUP.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara persepsi tentang pembelajaran online terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar di jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta yang metode pembelajarannya terdapat Online learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto yakni metode yang digunakan dalam penelitian yang meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi oleh peneliti. Adanya hubungan sebab akibat didasarkan atas kajian teoritis, bahwa suatu variable tertentu mengakibatkan variable tertentu. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas (Persepsi tentang pembelajaran online) dengan variabel terikat (hasil belajar). instrumen yang digunakan berupa angket persepsi tentang pembelajaran online yang sebelumnya telah di validasi bahasanya oleh ahli dan juga di uji validitas nya. angket yang telah di sebar dihitung hubunganya terhadap hasil belajar dari nilai UTS Evaluasi Hasil Belajar menggunakan rumus korelasi Pearson. hasil dari peneltian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara persepsi tentang pembelajaran online dan hasil belajar mahasiswa. artinya semakin baik persepsi mahasiswa tentang pembelajaran online maka hasil belajar mahasiswanya pun baik juga. This study aims to determine how the relationship between perceptions of online learning to the learning outcomes of students in the course Evaluation of Learning in the major of Curriculum Educational Technology, State University of Jakarta who contained learning online learning method. This research is a quantitative ex post facto that the methods used in studies examining the causal relationship that is not manipulated by the researcher. A causal relationship is based on theoretical study, that a particular variable results in a particular variable. The method used is survey with correlation technique is to determine the relationship between the two variables are independent variables (perception of online learning) with the dependent variable (the learning outcomes). instruments used in the form of questionnaires perceptions of online learning that has previously been validated by a language expert and also test its validity. questionnaire that has been deployed and calculated how they relate to the learning outcomes of the value of the midterm evaluation of learning outcomes using Pearson correlation formula. the results of this research are quite strong correlation between perceptions of online learning and student results. means the better students' perceptions of online learning, the learning result of students was good too.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin M.Pd. 2). Dr. R.A. Murti Kusumawirasti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:05
Last Modified: 20 Apr 2022 13:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item