STUDI DESKRIPTIF PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM NEGERI JAKARTA TIMUR DAN JAKARTA PUSAT

SELYNA RIZKIA PUTRI, . (2017) STUDI DESKRIPTIF PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM NEGERI JAKARTA TIMUR DAN JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(Skrpsi) Selyna Rizkia Putri-1515130189.pdf

Download (3MB)

Abstract

Evaluasi Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang mengandung unsur pengukuran atau penilaian, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana warga belajar mengetahui atau menguasai materi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dalam pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket, dan teknik pengambilan sampel secara menyeluruh, dimana semua tutor paket B di PKBM 12, 13, 14, 16, 29, dan 33 dijadikan sampel dalam penelitian dengan jumlah 32 tutor. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran di 6 PKBM tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh secara menyeluruh dari pengelolaan data angket adalah : (1) Tutor melakukan tahapan perencanaan evaluasi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,5%, (2) Tutor melakukan Monitoring dan Pelaksanaan Evaluasi memperoleh persentase sebesar 93,7%, (3) Tutor melakukan tahapan pengelolaan data dan analisis memperoleh persentase sebesar 81,2%, (4) Tutor melakukan tahapan pelaporan hasil evaluasi memperoleh persentase sebesar 84,9%, (5) Tutor melakukan tahapan pemanfaatan hasil evaluasi memperoleh persentase sebesar 92%. Saran saya atas penelitian ini adalah tutor dapat terus meningkatkan kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai tahapan tersebut. Learning Evaluation is an activity which contain elements of measurement or assessment, this activity is carried out in order to find out how far the citizens will learn to understand the learning material. Another thing that makes learning evaluation is important that I discovered the phenomenon when conduct the observation that there are tutors have yet to learning evaluation accordance with the stage of the evaluation of learning. The method used in this study is descriptive research method in quantitative approach using question form, and the techniques of sampling, whereby all tutor Paket B in PKBM 12, 13, 14, 16, 29, and 33 was made being samples in the study with a total of 32 tutor. The purpose of this study is to provide an overview regarding the implementation process of the evaluation study at those 6 PKBM. The results are: (1) Tutors who conducted the learning evaluation learning obtained the percentage of 90,5%, (2) Tutors who conducted the Monitoring and implementation obtained percentage of 93,7%, (3) Tutors who conducted a data management and analysis result obtained the percentage of 81,2%, (4) Tutors who conduced the evaluation results obtained the percentage of 84,9%, (5) Tutors who conducted the utilization of evaluation results obtained the percentage of 92%. My suggestion above of this research is the tutor can continue to improve the learning evaluation activity appropriate stages.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M. Si. 2). Drs. Widio Prihanadi, MM.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:27
Last Modified: 21 Apr 2022 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27307

Actions (login required)

View Item View Item