PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN SANDIWARA BONEKA

SEPTININGTIAS DWI ANGGRAENI, . (2017) PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN SANDIWARA BONEKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Septiningtias Dwi Anggraeni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun dengan kegiataan sandiwara boneka. Subjek penelitian ini adalah kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka. Kajian dilakukan dengan menggunakan studi referensi, sehingga data yang dikumpulkan berdasarkan buku-buku, jurnal, serta artikel ilmiah yang berkaitan dengan perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun dengan kegiatan sandiwara boneka. Analisis yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis kualitatif, dengan pertimbangan tidak dilakukan kajian langsung di lapangan, fokus kajian pada analisis referensi yang dilakukan secara mendalam. Sesuai dengan tujuan kajian maka analisis dalam kajian ini dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap (1) berupa analisis dokumen suatu teknik yang banyak dilakukan dalam penelitian pustaka, dan tahap (2) Mengkaji teori-teori perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun dan bermain sandiwara boneka yang terdapat pada komponen kajian yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas kemampuan berbahasa anak usia dini. Berdasarkan analisis keterkaitan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kegiatan bermain sandiwara boneka terhadap pengembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Implikasi dari hasil kajian ini adalah guru sebaiknya menggunakan kegiatan sandiwara boneka agar menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. This study aims to see how the language skills of children ages 3-4 years through puppets activity.The subjects were language skills of children ages 3- 4 years. The research method is library research. The study was conducted by using a reference study, so that the data collected by books, journals, and scientific articles related to language development of children ages 3-4 years through puppets activity.The analysis used in this study is a qualitative analysis, with no consideration of a study conducted in the field, the study focused on the analysis performed in-depth reference.In accordance with the purposes of the study, the analysis in this study carried out in two stages, namely stage (1) in the form of a document analysis technique widely carried out in the research literature, and stage (2) Assess the theories of language development of children ages 3-4 years and puppet contained in the study component that can be used to improve the quality of early childhood language skills.Based on comparative analysis it can be concluded that there is positive between puppet play activities towards the development of the language of children ages 3-4 years. The implication of this study is the teacher should use a puppet play activities in order to create a pleasant learning atmosphere.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd, M.Pd. 2). Dra. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:38
Last Modified: 21 Apr 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27314

Actions (login required)

View Item View Item