SETYANA BUDIARTI, . (2017) KOMODIFIKASI SIMBOL KEAGAMAAN (Studi pada Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI SETYANA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses komersialisasi pada Masjid Kubah Emas yang merujuk pada komodifikasi agama. Selain itu juga membahas bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi yang ada pada masjid ini, salah satunya seperti wisata religi. Serta melihat masyarakat beragama Islam sebagai potensi pasar wisata religi Masjid Kubah Emas oleh pihak pengelola. Selanjutnya penelitian ini melihat bagaimana dampak sosial serta ekonomi masyarakat sekitar masjid dan juga pengunjung masjid akan arti dan tujuan dari masjid tersebut. Konsep dan teori yang digunakan pada penelitian ini seperti komodifikasi agama dan Consumer Ritualized Symbolic Practiced dalam melihat penyebab dan pendukung dari komodifikasi agama pada Masjid Kubah Emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian pihak pengelola serta para pekerja di Masjid Kubah Emas. Selain itu juga kepada para pengunjung Masjid Kubah Emas. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literature dan pustaka maupun internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dijelaskan adanya komodifikasi pada Masjid Kubah Emas melalui berbagai macam bentuk salah satunya yaitu wisata religi. Hal tersebut masuk kedalam bentuk-bentuk komodifikasi agama yang terjadi pada Masjid Kubah Emas. Komodifikasi tersebut menghasilkan profit yang menguntungkan bagi pihak pengelola salah satunya melalui wisata religi dengan berbagai macam fasilitas berbayar di dalamnya. Serta melihat pilihan rasional oleh masyarkat muslim dalam mengkonsumsi produk keagamaan sebagai salah satu cara mengekspresikan keimanannya. This study aims to examine and analyze the process of commercialization on Kubah Emas Mosque which refers to commodification of religion. Examine how the form of commodification such as religious tour on this mosque. And also see the Islamic society as a potential market of religious people in Indonesia. This research used a qualitative approach with case study method. The research data obtained through observation, documentation, and depth interview with managements, workers and visitor or tourist of Kubah Emas Mosque. In collecting the data, uses interviews and observation, while secondary data obtained from literature and other source that relating with this research. Based on this research, there are some important findings such as there’s religious tour as the form of commodification, moreover those commodification generate profit for the owner and managers of the Mosque. Also see the commodification of Kubah Emas Mosque as the rational choice of Islam Society on consume the religious symbol to express their faith.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Ubedilah Badrun M.Si 2) Dra. Rosita Adiani, MA |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:59 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27325 |
Actions (login required)
View Item |