PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI INKLUSIF DI JAKARTA

HUSNA ZADAT BILLAH, . (2017) PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI INKLUSIF DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Husna Zadat Billah_1125134529.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi guru terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Variabel yang diteliti adalah efikasi guru sebagai variabel bebas (X) dan sikap guru terhadap pendidikan inklusif sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling. Partisipan dalam penelitian ini adalah 164 guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Jakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur efikasi guru adalah Teacher Efficacy for Inclusive Practice (TEIP) serta Multidimensional Attitudes toward Inclusive Education Scale (MATIES) yang digunakan untuk mengukur sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Metode pengolahan analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi guru terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif (p < α ; 0,002 < 0,05), dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,05 (5%). This study aims to understand the influence of teacher efficacy on teacher attitudes toward inclusive education. The variables studied were teacher efficacy as an independent variable (X) and teacher attitudes toward inclusive education as a dependent variable (Y). The method used is quantitative research, with cluster sampling technique. Participants of this study were teachers from inclusive public elementary school in Jakarta (N = 164). The instrument used to measure teacher efficacy is Teacher Efficacy for Inclusive Practice (TEIP), while Multidimensional Attitudes toward Inclusive Education Scale (MATIES) was used to measure teacher attitudes toward inclusive education. Processing methods of data analysis in hypothesis testing using regression analysis. Results of this study showed there is influence of teacher efficacy on teacher attitudes toward inclusive education (p < α ; 0,002 < 0,05), with the contribution of influence 0,05 (5%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fellianti Muzdalifah, M. Psi 2) Prof. Dr. Suparno Eko Widodo, MM
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:47
Last Modified: 21 Apr 2022 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item View Item