KAJIAN KOLASE PADA KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN

SRI HAYATI, . (2017) KAJIAN KOLASE PADA KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SRI HAYATI - 161512837.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kajian kolase pada keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun meliputi kegiatan kolase yang menggunakan tangan sebagai kekuatan dalam menyelesaikan tugas berperan dalam meningkatkan keterampilan motorik halus yang terdiri dari,kemampuan koordinasi mata-tangan, kelenturan jari-jari tangan, dan kekuatan tangan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis teroriteori yang didapat dari buku-buku referensi, dan daftar pustaka. Temuan hasil analisis teori Kegiatan kolase adalah kegiatan yang melibatkan gerak motorik halus anak yang berupa kekuatan otot jari-jari untuk dapat merobek kertas, menempel, menjimpit, menekan, dan lain lain.Kegiatan kolase adalah kegiatan yang melibatkan motorik halus anak yang berupa sensori motorik tangan karena material kolase ada yang permukaan halus dan kasar. Kegiatan kolase adalah kegiatan untuk melatih koordiansi antara mata dan tangan karena didalam kegiatan kolase anak mengambil material untuk ditempel membutuhkan koordinasi mata dan tangan.Kegiatan kolase selain untuk meningkatkan keterampilan motorik halus juga bisa mengajarkan anak mengenal ukuran karena benda material kolase yang ditempel pada pola gambar kolase bervariasi ukurannya dari yang ukuran besar misalnya potongan gambar, ukuran sedang misalnya robekan kertas dan ukuran kecil seperti biji-bijian.Kegiatan kolase juga meningkatkan daya konsentarsi anak, karena kegiatan kolase dituntut untuk teliti dalam menyusun material satu persatu untuk ditempel menjadi hasil karya. Kegiatan kolase juga meningkatkan rasa percaya diri anak karena kegiatan kolase anak menghasilkan karya yang indah. This analysis aims to identify and describe the study of collage in fine motor skills of children aged 4-5 years includes collages using hand as a force in fulfilling its role in improving fine motor skills comprising, eye-hand coordination skills, flexibility of the fingers hand and hand strength. Analysis of the date used is theory analysis method obtained from reference books, and a bibliography. Findings from analysis of the theory of collage activity is an activity that involves fine motor movement in the form of muscle strength of the fingers to be able to tear the paper, paste, presses, and other other. Collage is an activity that involves fine motor hand in the form of sensory motor because there is a collage material smooth and rough surfaces. Collage activity is an activity to train coordination between eye and hand for children in activities collage took for taped material requires eye coordination and hands. Collages activity in addition to improving fine motor skills can also teach children to know the size because material objects collage affixed to the image pattern collage vary in size from the large size image such as a piece, medium size such as rags and paper sizes as small as grains collage beans. Activity also increase the concentration of a child, as a collage of activities required to be thorough in preparing the material one by one to paste into the work. Collage activities also increase the child's confidence as a child collage activities produce beautiful work.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Winda Gunarti, M. Pd. 2). Dr. Yuliani Nurani, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:22
Last Modified: 21 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27404

Actions (login required)

View Item View Item