VALMAI SHIRLEEN KAUTSAR, . (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEREMPUAN PENGANGGURAN PADA PROGRAM BINA KELUARGA SEJAHTERA OLEH YAYASAN TUNAS ILMU DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
VALMAI SHIRLEEN K - Implementasi Pendidikan Kewirausahaan untuk Perempuan Pengangguran dalam Program Bina Keluarga Sejaht~1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan kewirausahaan untuk perempuan pengangguran serta peran modal sosial dalam implementasi pendidikan kewirausahaan untuk perempuan pengangguran dalam program Bina Keluarga Sejahtera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan penelaahan dokumen. Penulis melakukan observasi langsung ke lapangan untuk menggali lebih dalam mengenai implementasi pendidikan kewirausahaan yang terdapat dalam program Bina Keluarga Sejahtera. Penulis juga melakukan wawancara mendalam dengan informan. Jumlah informan sebanyak 11 orang terdiri dari 4 peserta program, 1 kepala program, 6 tutor program, 2 peserta program yang telah membangun usaha dan 1 peserta aktif program. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan kewirausahaan dalam program ini mengalami kegagalan. Hal ini dilihat dari 74 orang peserta yang terdaftar pada periode 2016-2017, hanya 4 orang yang telah berhasil membangun usaha. Hal ini disebabkan karena lemahnya bonding yang dimiliki oleh sesama peserta program dan antara peserta dengan pihak yayasan. Lemahnya bonding dalam program ini mempengaruhi keberhasilan dalam penyelenggaraannya. Penyebab lainnya adalah yayasan yang tidak pernah melakukan bridging dengan lembaga yang menyelenggarakan program serupa. hal ini kemudian berdampak pada stagnansi perkembangan program ini. Yayasan juga fokus untuk membangun jaringan untuk mendapatkan donatur namun tidak melakukan linking dengan pihak-pihak yang dapat membantu peserta mendistribusikan hasil produksi peserta. Hal ini menunjukkan bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, dalam penelitian ini pendidikan kewirausahaan untuk perempuan pengangguran. Dalam menyelenggarakan pendidikan untuk masyarakat, perlu juga diperhatikan prinsip- prinsip pendidikan berbasis masyarakat agar tujuan awal dari penyelenggaraan pendidikan untuk masyarakat dapat tercapai. This study aimed to determined implementation of entrepreneurship education for unemployed woman and the role of social capital in implementating entrepreneurship education for unemployed woman in Bina Keluarga Sejahtera program. This research used qualitative approach with descriptive research type. Data collection technique was done by direct observation, in-depth interview, and document review. The author used direct observations to the field in order to know more about the entrepreneurship education program that is in the Bina Keluarga Sejahtera program. The author also did interviews with 11 informants consist of 4 program participants, 1 head of program, 6 tutors program, 2 program of participants who have built business and 1 active program participant. The results show that the implementation of entrepreneurship education in this program has failed. It was showed from 74 participants in the period 2016-2017, only 4 people who already build a business. This is due to weak bonding between fellow program participants and between participants with the foundation. Weak bonding in this program does have impact to the success of it’s implementation. Another cause is the foundation never build bridging to collaborate with another institution that have similar program. This leads to the stagnation of this program development. The Foundation only focused on building linking networks for funding but not building enough networks to distribute participants’ products. This shows the existence of social capital has an important role in education, in this study is entrepreneurship education for unemployed woman. In the implementation of education for the community, the principles of community-based education is very important so the purpose of the education for the community can be achieved.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Yuanita Aprilandini, M.Si 2) Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27409 |
Actions (login required)
View Item |