SRI UMIYATI, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SDN KAYUMANIS 01 PAGI MATRAMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (237kB) |
|
Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (298kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf Download (20kB) |
|
Text
8 BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text
10 BAB III.pdf Download (547kB) |
|
Text
9 BAB II.pdf Download (515kB) |
|
Text
7 LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
14 LEMBAR DAFTAR TABEL.pdf Download (84kB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (104kB) |
|
Text
11 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
12 BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
16 DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan modifikasi permainan terhadap kemampuan gerak dasar lompat siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2017 di SDN Kayumanis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur dengan subjek penelitian siswa kela V yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang diperoleh dalam siklus I presentase hasil tes kemampuan gerak dasar lompat dengan kategori tuntas 63,78% dari 36 siswa kelas V. Presentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa adalah 70%, dari 20 butir pernyataan. Pada siklus II presentase hasil tes kemampuan gerak dasar lompat dengan kategori tuntas 88,78% , dari 36 siswa kelas . presentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa 90%, dari 20 butir pernyataan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan gerak dasar lompat siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat dijadikan sebagai salah satu media mengajar guru untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat siswa. This classroom action research is aimed at to analyze the influence of the application of modification game of the ability of motion basic jump students. The study is conducted on april until may 2017 at SDN Kayumanis 01 pagi Matraman East Jakarta with the subject research of fifth grade were are 36 students. The method use in this classroom action research cycle model of Kemmis and Mc. Taggart comprised of planning, action, observation and reflection. An action research that conducted in two cycles. The data collected in first cycles the percentage test results capability of motion basic jump a category be completed is 63,78%, from 36 students of fifth grade. The percentage the results of monitoring the act of activity teachers and students were 70 %, from 20 items of statement. The second cycle, the percentage test results capability of motion basic jump a category be completed is 88,78%, from 36 students of fifth grade. The percentage the results of monitoring the act of activity teachers and students were 90%, from 20 items of statement. In this research shows that of the basic motion jump student. Modification game can be used as one of the media teaching teachers to improve capability of motion basic jump students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd. 2). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27410 |
Actions (login required)
View Item |