KEGIATAN BELAJAR “ROEMAH TAWON” BAGI MASYARAKAT PRASEJAHTERA (Studi Deskriptif Komunitas Rumah Belajar di Tanah Tinggi Kota Tangerang)

VIVICH HUSNUL KHOTIMAH, . (2017) KEGIATAN BELAJAR “ROEMAH TAWON” BAGI MASYARAKAT PRASEJAHTERA (Studi Deskriptif Komunitas Rumah Belajar di Tanah Tinggi Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI VIVICH HUSNUL KHOTIMAH - PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL - FAKULTAS ILMU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang komunitas Roemah Tawon dalam memberikan kegiatan belajar kepada masyarakat prasejahtera yang berada di kawasan Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Cara utama dalam memperoleh data dengan menggunakan angket (kuesioner) tertutup, observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah relawan pengajar pada komunitas Roemah Tawon, Tanah Tinggi Kota Tangerang sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komunitas Roemah Tawon memberikan pendidikan non formal bagi anak-anak jalanan, anak pinggiran rel kereta, dan pengamen yang putus sekolah maupun tidak. Waktu belajar berlangsung setiap hari dimulai dari sore hingga malam hari. Komunitas Roemah Tawon dalam memberikan kegiatan belajar, menekankan pada pendidikan agama dan moral melalui kegiatan keagamaan dan tradisi yang dilakukan setiap harinya. Jam belajar di Roemah Tawon dimulai dari pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiap harinya, kecuali pada hari selasa kelas dimulai pukul 16.00 WIB untuk kelas PAUD cilik hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan belajar yang berlangsung di Roemah Tawon seluruhnya adalah tenaga sukarelawan yang memberikan ilmu pengetahuannya, tenaga dan waktunya kepada Roemah Tawon tanpa menerima insentif setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M. Si 2) Shahibah Yuliani, M. Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:02
Last Modified: 21 Apr 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27431

Actions (login required)

View Item View Item